Lain-lain

Knowledge is Power

Penyebab Tanah Longsor di indonesia

Oleh : Bintang Taufik,
Friday, July 10th, 2009
Penyebab Tanah Longsor di indonesia Reviewed by Bintang Taufik on . Tentang Penyebab Tanah Longsor di indonesia the

Jika kamu tinggal di negara Indonesia tentu bencana yang sering melanda adalah banjir, gempa dan kalau tidak tanah longsor. Banyak akibat dari bencana ini yang mungkin dapat mengakibatkan kehilangan tempat tinggal dan kematian. Bintang memang sampai detik ini belum pernah mengalami bencana tanah longsor. Karena tempat tinggal bintang memang sepertinya tidak memungkinkan hal itu terjadi, […]

tanah-longsorJika kamu tinggal di negara Indonesia tentu bencana yang sering melanda adalah banjir, gempa dan kalau tidak tanah longsor. Banyak akibat dari bencana ini yang mungkin dapat mengakibatkan kehilangan tempat tinggal dan kematian.

Bintang memang sampai detik ini belum pernah mengalami bencana tanah longsor. Karena tempat tinggal bintang memang sepertinya tidak memungkinkan hal itu terjadi, kecuali jika penyebabnya adalah gempa yang suangat Hebat.

Dan berikut artikel lebih lengkap tentang  Penyebab dari tanah longsor baik di indonesia maupun dunia:

Bencana tanah longsor ini dapat terjadi jika gaya pendorong pada lereng lebih besar dari gaya penahan.Gaya pendorong diakibatkan oleh oleh besarnya sudut kemiringan lereng, air, beban serta berat jenis tanah batuan. Sedangkan penyebab gaya penahan adalah kekuatan batuan dan kepadatan tanah.

Ini semua dimulai saat musim kering yang panjang, pada saat itu terjadi penguapan air di permukaan tanah dalam jumlah besar. Akibatnya terjadi rongga-rongga dalam tanah yang kemudian disusul adanya retakan dan rekahan di dalam tanah.

Di indonesia biasanya bencana tanah longsor terjadi pada bulan november. Tahu sendirikan di bulan itu intensitas curah hujan meningkat. Melalui tanah yang merekah pada musing kering itu, air hujan akan masuk dan terakumulasi di bagian dasar lereng, sehingga menimbulkan gerakan lateral.

Ditambah sudut lereng yang terjal atau mencapai sekitar 180 derajat sehingga dapat menyebabkan tanah longsor. Dan sudah barang tentu akibat paling pahit akan dialami oleh orang yang tinggal di dekatnya.

Akibat dari Tanah longsor sebenarnya bisa dihindari seperti membuat vegetasi atau tidak tinggal di tempat penyebab bencana ini dapat terjadi. Masih banyak kok tanah untuk tempat tinggal yang layak di indonesia.

Komentar Lewat Facebook

23 thoughts on “Penyebab Tanah Longsor di indonesia

  1. Pingback: Bencana Banjir di Indonesia

  2. di sebut bnyk informasi iya tapi kita jg haruz ikut melestarikan alam , semua alam ada di tangn kita . bgmn kita mnjg itu aja .

  3. Pingback: makalah banjir : Warta Warga

  4. hmm..
    inii jgy pelajaran buat kita agar bsa mencintai alam :D
    klo gg pemanasan global akan terganggu..
    itu kka mengakibatkkan anak cucu kta terancam :D

  5. knpa tiee slalu da longsor.

    gmna tanggung jwbnya.aaaahhhhhhhhhh kasussss dah,ga sa jga linkungannya sndri

  6. tanah longsor mungkin di sebabkan oleh ketelledoran manusia,..apalagi kita kan ada pakar politik,dan ahli di bidangnya….jadi mereka harus tau donk yang mana akan lonsor dan rawan longsor,jadi mereka harus siaga dan cepat untuk mencega kelongsoran…

  7. tanah longsor itu disebabkan oleh manusia ….apalagi klu orang menebang pohon sembarangan jadi gundul dan menyebabkan banjir dan longsor krn tdk ada akar yg menahan tanah tsb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>