lazada.co.id

kesehatan

Knowledge is Power

Penyebab Rambut Rontok

Oleh : Bintang Taufik,
Monday, December 13th, 2010
Penyebab Rambut Rontok Reviewed by Bintang Taufik on . Tentang Penyebab Rambut Rontok the

Ada berbagai penyebab yang dapat membuat rambut rontok, bahkan yang lebih tragis anda mungkin akan kehilangan semua rambut alias botak. Dan di bawah ini adalah berbagai penyebab yang mungkin? Infeksi jamur pada kulit kepala. Menderita penyakit seperti diabetes atau lupus Stres yang disebabkan oleh penyakit atau operasi besar. Kerontokan ini bersifat sementara. Penggunaan obat tertentu, […]

Ada berbagai penyebab yang dapat membuat rambut rontok, bahkan yang lebih tragis anda mungkin akan kehilangan semua rambut alias botak. Dan di bawah ini adalah berbagai penyebab yang mungkin?

  • Infeksi jamur pada kulit kepala.
  • Menderita penyakit seperti diabetes atau lupus
  • Stres yang disebabkan oleh penyakit atau operasi besar. Kerontokan ini bersifat sementara.
  • Penggunaan obat tertentu, seperti pengencer darah, antidepresan, kontrasepsi oral, obat jantung, perawatan asam urat, atau vitamin A.
  • Perubahan kadar hormon, seperti yang disebabkan oleh kehamilan atau gangguan tiroid.

Suber penyebab rambut rontok diatas diambil dari Liputan6.com

  1. Minum Soft Drinks Banyak mengkonsumsi soft drink juga dapat memicu kerusakan pada rambut, ada baiknya Anda mengurangi minuman berbahan pengawet ini untuk menjaga kesehatan rambut Anda.
  2. Terlalu Banyak Makan Lemak jenuh Makan makanan dengan lemak jenuh dapat menyebabkan peningkatan tingkat obesitas dalam tubuh. Anda harus membatasi jumlah lemak jenuh dalam tubuh Anda saat Anda ingin melakukan perawatan rambut terlebih bagi Anda yang mengalami kulit kepala berminyak.
  3. Terlalu banyak makan gula Kebanyakan orang tidak menyadari berapa banyak mereka mengkonsumsi gula setiap hari. Gula dapat menguras gizi dalam tubuh dan meningkatkan adrenal.  Peningkatan adrenal menyebabkan tubuh untuk memproduksi lebih banyak androgen yang tinggi  dan menyebabkan penurunan androgenic rambut.
  4. Terlalu banyak makan garam Garam juga menjadi penyebab kerusakan pada rambut jika dikonsumsi secara berelebihan. Gunakan garam secara cukup untuk menjaga keseimbangan rambut, batasi garam yang masuk dalam tubuh kita, selain menjaga agar tidak terkena hipertensi, Anda juga telah menjaga dan merawat rambut dengan mengurangi asupan garam.
  5. Kurang Vitamin Kurangnya vitamin dalam makanan juga berpengaruh pada pertumbuhan rambut Anda, rambut membutuhkan nutrisi sama seperti tubuh kita, jadi untuk menjaga kesehatan rambut Anda, jangan lupakan gizi sebab tanpa gizi rambut Anda akan menderita. Bisa saja makanan atau sayuran yang Anda konsumsi telah memenuhi gizi, namun dalam pengolahannya harus benar, karena jika tidak nutrisi dan gizi yang terkandung dalam makanan akan hilang bersamaan saat memasak, misalnya masaknya terlalu matang atau bahkan terlalu kering. Cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi yang hilang adalah dengan makan beberapa sayuran mentah sebagai selingan, yang dapat diolah menjadi santapan kaya nutrisi untuk rambut Anda.

Sumber penyebab rambut rontok diatas diambil dari kabarinews.com

  1. Menggunakan conditioner berlebihan Untuk mencegah rambut kering, hal yang paling mudah dilakukan memang menggunakan conditioner. Tetapi, jika mengaplikasikan conditoner pada rambut secara berlebihan, justru membuat rambut mudah rapuh. Karena, beberapa conditioner mengandung protein yang membentuk rantai, dan membuat rambut rontok. Juga jangan membiarkan conditioner menempel pada rambut lebih dari 15 menit, ikutilah petunjuk pemakaianya.
  2. Menggunakan hair dryer atau alat catok tanpa gunakan vitamin rambut Banyak wanita yang meluruskan rambut atau blow dry langsung menggunakan alat dan ditempelkan pada rambut tanpa produk pelindung rambut, semacam pelembab. Hal ini tentu saja bisa membuat rambut menjadi kering, kusam dan mudah rontok karena panas. Gunakanlah produk pelindung rambut sebelum meluruskan atau mengeringkan rambut dengan alat. Pilihlah produk yang sesuai dengan jenis rambut Anda.
  3. Menyisir rambut saat basah Saat basah adalah saat rambut paling rapuh. Menyisirnya saat basah akan membuatnya mengembang dan kemudian rontok. Jika memang harus menyisir rambut dalam keadaan basah, gunakanlah yang bergigi jarang hanya untuk merapikannya. Angin-angikan dulu sebentar sebelum menyisirnya dengan sisir bergigi rapat. Jika ingin mengeringkan dengan hair dryer, gunakanlah tangan untuk mengatur rambut.
  4. Mengikat rambut saat basah Waktu yang sempit, terkadang membuat Anda tidak sempat mengeringkan rambut, dan langsung mengikat atau menjepit rambut saat basah. Hal ini bisa memicu tumbuhnya jamur karena lembab dan akan menimbulkan rasa gatal pada rambut. Jika dibiarkan bisa menimbulkan infeksi pada kulit kepala.
  5. Cuci rambut setiap hari Anda sebenarnya tidak perlu keramas setiap hari. Keramas berlebihan atau setiap hari bisa menyebabkan kelenjar sebum (minyak yg berfungsi melindungi elemen rambut dan mengatur keseimbangan kelembapan) bekerja lebih keras. Hal ini membuatnya memproduksi lebih banyak minyak. Tidak hanya membuat rambut rontok, tapi juga menyebabkan warna rambut kusam, dan berminyak atau kering, tergantung kondisi rambut.

Sumber penyebab rambut rontok diatas berasal dari VIVAnews.com

Jadi adakah diantara penyebab diatas yang sedang anda lakukan?


Komentar Lewat Facebook

One thought on “Penyebab Rambut Rontok

  1. Kirain rambut rontok karena berpikir keras sampai rambut berguguran. ya makaish deh infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>