Informasi Penting

Knowledge is Power

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Oleh : Bintang Taufik,
Wednesday, October 31st, 2012
Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Reviewed by Bintang Taufik on . Tentang Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli the

Berikut ini pengertian atau definisi sejarah menurut para ahli seperti tokoh bernama kuntowijoyo, herodotus dan lainnya. Seperti salah satu kutipan penting dari bapak pendiri bangsa Indonesia, Ir. Soekarno atau lebih dikenal dengan nama Bung Karno, yang pernah berpidato tentang Jas Merah, yang tidak lain dan tidak bukan adalah singkatan yang berarti “Jangan sekali-kali melupakan sejarah“. Itulah kenapa […]

Berikut ini pengertian atau definisi sejarah menurut para ahli seperti tokoh bernama kuntowijoyo, herodotus dan lainnya. Seperti salah satu kutipan penting dari bapak pendiri bangsa Indonesia, Ir. Soekarno atau lebih dikenal dengan nama Bung Karno, yang pernah berpidato tentang Jas Merah, yang tidak lain dan tidak bukan adalah singkatan yang berarti “Jangan sekali-kali melupakan sejarah“. Itulah kenapa sebagai bangsa kita harus tahu kejadian masa lampau, karena itu yang menjadikan siapa diri kita di masa depan.

Untuk itu berikut blogbintang sampaikan tentang beberapa pengertian dari sejarah yang dikutip dari beberapa ahli dan tokoh yang terkemuka di bidangnya, mari kita simak.

Pengertian sejarah menurut Prof. Dr. Kuntowijoyo
  • Secara negative :   Sejarah bukan mitos , filsafat , bukan ilmu alam dan bukan sastra.
  •  Secara positif : Yaitu ilmu tentang manusia , tentang waktu , tentang sesuatu yang mempunyai makna social dan ilmu tentang sesuatu yang terinci dan tertentu.

Pengertian Sejarah Menurut “Bapak Sejarah” Herodotus,

Adalah satu kajian untuk menceritakan suatu perputaran jatuh bangunnya seseorang tokoh, masyarakat dan peradaban.
Sejarah tidak berkembang ke arah depan dengan tujuan pasti melainkan bergerak seperti lingkaran yang tinggi rendahnya di akibatkan oleh keadaan manusia.
Herodotus di kenal sebagai sejarawan pertama dunia berkebangsaan yunani.oleh karena itu, ia mendapajulukan The Father Of History atau Bapak Ilmu Sejarah

Pengertian Sejarah Menurut Aristotle,

Merupakan satu sistem yang meneliti suatu kejadian sejak awal dan tersusun dalam bentuk kronologi. Pada masa yang sama, menurut beliau juga Sejarah adalah peristiwa-peristiwa masa lalu yang mempunyai catatan, rekod-rekod atau bukti-bukti yang konkrit.

Pengertian sejarah menurut Taufik Abdullah
Adalah cerita tentang kejadian masa lampau.
Pengertian sejarah menurut Sartono Kartodirdjo
Adalah gambaran pekembangan dan kehidupan kebudayaan manusia.
Pengertian Sejarah Menurut Muthahhari, 
ada tiga cara mendefinisikan sejarah dan ada tiga disiplin kesejarahan yang saling berkaitan, yaitu:

  1. Sejarah tradisional (tarikh naqli) adalah pengetahuan tentang kejadian-kejadian, peristiwa-peristiwa dan keadaan-keadaan kemanusiaan di masa lampau dalam kaitannya dengan keadaan-keadaan masa kini.
  2. Sejarah ilmiah (tarikh ilmy), yaitu pengetahuan tentang hukum-hukum yang tampak menguasai kehidupan masa lampau yang diperoleh melaluipendekatan dan analisis atas peristiwa-peristiwa masa lampau.
  3. Filsafat sejarah (tarikh falsafi), yaitu pengetahuan tentang perubahan-perubahan bertahap yang membawa masyarakat dari satu tahap ke tahap lain, ia membahas hukum-hukum yang menguasai perubahan-perubahan ini. Dengan kata lain, ia adalah ilmu tentang menjadi masyarakat, bukan tentang mewujudnya saja.
Pengertiann sejarah  menurut R. Moh Ali dalam buku “Pengantar Ilmu sejarah”
Adalah ilmu yang bertugas menyelidiki perubahn – perubahan kejadian / peristiwa yang merupakan\ realita kehidupan manusia.
 Pengertian sejarah menurut Ertis Stern
Itu timbul  dari suatu persoalan yang hidup , dan bahkan melaya ni hidup masyarakat.  Karena itu , sejarahakan berubah – ubah bersama dengan berubahnya waktu , harpan , pemikiran rasa cemas yang tumbuh kemudian.
Pengertian sejarah menurut Collingwood
Merupakan ilmu terhadap suatu jawaban atau pertanyaan – pertanyaan tentang masalah tindakan manusia pada masa lalu. Jawaban itu di peroleh melaluiinterpretasi bukti – bukti sejarah dan dari self  – knowledge  manusia.
Sejarah adalah ilmu yang mempelajari apa yang telah cdi perbuat manusia.
Pengertian sejarah menurut Norman E Cantor
Adalah studi tentang apa yang lebih di perbuat, di katakan, dan dipikirkan oleh manusia  pada masa lalu.
Pengertian sejarah menurut Dr. Roeslan Abdul Gani
Adalah ilmu yang menyelidiki secara sistematis keseluruhan peristiwa masyarakat d masa lampau.
Itulah berbagai pengertian atau definisi sejarah menurut para ahli dan tokoh seperti kuntowijoyo, herodotus dan lainnya. Jika pembaca blogbintang memiliki pendapat dari tokoh yang lain, mohon kesediannya untuk di share dimari. Karena bagaimanapun kita harus menghargai apa yang terjadi di masa lalu supaya bisa menjadi pembelaran kita untuk masa depan.

Komentar Lewat Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>