Informasi Penting

Knowledge is Power

Pengertian Galaksi Bima Sakti

Oleh : Bintang Taufik,
Monday, August 24th, 2009
Pengertian Galaksi Bima Sakti Reviewed by Bintang Taufik on . Tentang Pengertian Galaksi Bima Sakti the

Anda pasti sering mendengar galaksi bima sakti, Sebenarnya  itu makhluk apa? Sebelum saya menjawab lebih detail lagi : Pengertian galaksi  berdasarkan wikipedia adalah seperti yang tertera dibawa ini : sebuah sistem yang terikat oleh gaya gravitasi yang terdiri atas bintang (dengan segala bentuk manifestasinya, antara lain (halaman belum tersedia)” bintang neutron dan lubang hitam, gas […]

galaksi

Anda pasti sering mendengar galaksi bima sakti, Sebenarnya  itu makhluk apa? Sebelum saya menjawab lebih detail lagi : Pengertian galaksi  berdasarkan wikipedia adalah seperti yang tertera dibawa ini :

sebuah sistem yang terikat oleh gaya gravitasi yang terdiri atas bintang (dengan segala bentuk manifestasinya, antara lain (halaman belum tersedia)” bintang neutron dan lubang hitam, gas dan debu kosmik medium antarbintang, dan kemungkinan substansi hipotetis yang dikenal dengan materi gelap.

Nah bima sakti itu sendiri adalah salah satu macam dari galaksi yang ada di alam semesta.

Bima sakti sendiri dalam bahasa inggris bernama Milky Way. Jadi pengertian antara milky way dan galaksi adalah sama hanya beda nama doank.

Bima sakti sendiri adalah galaksi spiral yang besar dan memiliki tipe Hubble SBbc . Total massa yang dimiliki oleh galaksi ini adalah sekitar 1012 dari massanya Matahari (Bisa kebayang nggak tuh besarnya kayak apa).

Ada sekitar 200-400 milyar bintang dengan ketebalan 1000 tahun cahaya dan  diameter 100.000 tahun cahaya di galaksi bimasakti ini. Stttttttt…! jangan lupa matahari kita adalah salah satu dari bintang bintang itu. Itulah mengapa pengertian galaksi ini begitu penting? Ini karena di bima sakti ada planet bumi tempat tinggal kita sebagai umat manuasia.

Jarak antara Matahari kita dengan pusat galaksi bima sakti sekitar 27.700 tahun cahaya. Dan di pusat galaksi itu diduga ada lubang hitam supermasif (black hole).  Dan tahukah anda tata surya kita hanya baru mengitarinya sebanyak 20–25 kali saja. Sekian pengertian dari galaksi ini.

Komentar Lewat Facebook

10 thoughts on “Pengertian Galaksi Bima Sakti

  1. Salam Sejahtera Selalu.

    Sangat menarik sekakali membaca artlkel di atas mengenai; ” Pengertian Galaksi Bima Sakti ” , demikian juga dengan gambar atau fotonya. Hanya ada satu ganjalan bagi nalar saya dalam pemahaman terhadap tulisan ” Pengertian Galaksi Bima Sakti ” ini. Dan ingin sekal mendapatkan penjelasan nya yaitu dengan satu pertanyaan ” Bagaimana Caranya Teknologi Manusia Saat Ini Bisa Memotret / mengambl gambar Galaksi Bima Sakti ??? Sementara Bumi Kita Berada Di Dalam galaksi Bima Sakti Ini. Rasanya belum ada negara yang telah menciptakan teknologi yang canggih yang mampu membawa manusa keluar dari galaksi bima sakti untuk memfoto atau mengambil gambarnya. Walaupun Masa Bima Sakti Besar Sekali serta jauh sekali sehingga terlhat menjadi kecil. Atau sekeliling Bumi tempat kita berada ini adalah bagian galaksi bima sakti??? Sementara teknologi sekarang yang tercanggih bisa mengambil gambar atau memfoto galaksi yang lainnya. Maaf ini hanya pertanyaan dan pemahaman serta komentar saya sebagai orang awam. Terima Kasih.

  2. wah keren …..
    jgn2 kt “the milky way” d ambil dr group band luar…
    klu g salah seh MLTR …pokok ny ad tuh yg lagu ny yg tertulis the milky way

  3. memang benar2 menarik memempelajari ttg alam semesta yg begitu luas dan tanpa batas.
    sebaliknya juga tak kalah menarik bagi mereka2 yg belajar tentang struktur terkecil dari benda atau materi di alam semesta.
    pertanyaannya,apa yg terkecil dari yg paling kecil, dan sebaliknya apa yg terbesar dari yg paling besar ?
    untuk tidak jadi gila gara2 pertanyaan ini, maka saya coba menjawabnya, yaitu bahwa materi terkecil dari yang paling kecil yaitu “tidak ada”, sedang yang terbesar dari yang paling besar keadaannya terus membesar dan semakin besar, sehingga tak ada yang bisa mengukurnya.

  4. Wah mantapp gan…
    iya yah… kok bissa dnamain milky way??
    tppi aq pernah baca klo milky way ittu dalam mitologi Yunani ceritanya kyk gini “Zeus menempatkan anak laki-lakinya yang dilahirkan oleh manusia biasa, bayi Heracles, pada payudara Hera ketika Hera sedang tidur sehingga bayi tersebut meminum susunya dan karena itu menjadi manusia abadi. Hera terbangun ketika sedang menyusui dan kemudian menyadari ia sedang menyusui bayi yang tak dikenalnya: ia mendorong bayi tersebut dan air susunya menyembur mewarnai langit malam, menghasilkan pita cahaya tipis yang dikenal dalam bahasa Inggris sebagai Milky Way (jalan susu)”

    nah tppi mssi lomm tau nne bneran apa gga ya???

  5. Ada Pertanyaan Besar Nih!
    mengapa Milky Way Kok Bisa Menjadi Bima Sakti?apa Ada Hubunganya Dgn Tokoh Wayang Yg Bernama Bima Yg Memang Sakti Itu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>