Internet

Knowledge is Power

Pengertian Email

Oleh : Bintang Taufik,
Saturday, July 28th, 2012
Pengertian Email Reviewed by Bintang Taufik on . Tentang Pengertian Email the

Pada kali ini blog bintang akan membahas lebih jauh tentang pengertian email (electronic mail) menurut para ahli dari mulai arti, fungsinya, manfaatnya sampai dengan cara kerja email itu sendiri. Dan berbagai hal yang berhubungan seperti email client atau fungsi yang sering ditemukan dalam tekhnologi yang dalam bahasa indonesia sering disebut dengan kata surel (surat elektronik). […]

Pada kali ini blog bintang akan membahas lebih jauh tentang pengertian email (electronic mail) menurut para ahli dari mulai arti, fungsinya, manfaatnya sampai dengan cara kerja email itu sendiri. Dan berbagai hal yang berhubungan seperti email client atau fungsi yang sering ditemukan dalam tekhnologi yang dalam bahasa indonesia sering disebut dengan kata surel (surat elektronik).

Sebelumnya bagi anda yang belum tahu bagaimana sih cara membuat email. Blogbintang sarangkan untuk terlebih dulu cara membuat membuat gmail, Disana anda akan dibahas secara lengkap dan tuntas membuat electronic mail menggunakan salah satu layanan email yang paling populer di Internet sekarang ini.

Pengertian atau arti email dalam bahasa Indonesia

Surat elektronik atau pos elektronik  (bahasa Inggris: email’) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet).

 Pengertian atau arti email dalam bahasa inggris
Electronic mail, also known as email or e-mail, is a method of exchanging digital messages from an author to one or more recipients. Modern email operates across the Internet or other computer networks.
Cara Kerja Email

Untuk mengirim surat elektronik kita memerlukan suatu program mail-client. Surat elektronik yang kita kirim akan melalui beberapa poin sebelum sampai di tujuan. Untuk lebih jelasnya lihat diagram dibawah. Contoh yang dipakai adalah layanan SMTP dan POP3.

Saya menulis surel → e-mail client (di komputer saya) → SMTP server penyedia e-mail saya → Internet → POP3 server penyedia e-mail penerima → e-mail client (di komputer si penerima) → surat dibaca si penerima

Email manfaatnya atau Fungsinya

Banyak sekali yang bisa dilakukan dengan email, akan sangat lucu hari jika kita berselancar di internet tapi tidak memilki alam email.

Contoh :

  1. Kirim apapun lewat internet sarananya adalah email; surat, foto, gambar, ebook, video, dll
  2. Aplikasi apapun menggunakan email untuk daftar; fb, buat blot/site, jadi anggota milis, dll.
  3. Kebutuhan lain; kontak person, periklanan, klik bank, dll.
  4. Bahkan email bisa digunakan untuk menyimpan sebuah file.

Pengertian Email Client

Email client, email reader, atau lebih formal  Mail User Agent (MUA), adalah program komputer yang digunakan untuk mengelola email pengguna. Istilah ini dapat mengacu pada sistem yang mampu mengakses kotak surat email pengguna, terlepas dari itu menjadi mail user agent, server menyampaikan, sebuah aplikasi web yang menyediakan manajemen pesan, komposisi, dan fungsi penerimaan ini kadang-kadang juga dianggap sebagai email client, tetapi lebih sering disebut sebagai webmail.

Diatas adalah berbagai hal yang membahas lebih jauh tentang pengertian email (electronic mail) menurut para ahli dari mulai arti, fungsinya, manfaatnya sampai dengan cara kerja email itu sendiri. Dan berbagai hal yang berhubungan seperti email client atau fungsi. Sekarang anda sudah mengertikan bagaimana email itu sebenarnya.

Komentar Lewat Facebook

One thought on “Pengertian Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>