Informasi Penting

Knowledge is Power

Pengertian dan Sejarah Hotel

Oleh : Bintang Taufik,
Friday, October 21st, 2011
Pengertian dan Sejarah Hotel Reviewed by Bintang Taufik on . Tentang Pengertian dan Sejarah Hotel the

Dalam dunia modern ini hotel sudah menjadi bagian sejarah umat manusia, pengertian hotel sendiri adalah berdasarkan Keputusan Menteri Parpostel no Km 94/HK103/MPPT 1987 adalah  jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau keseluruhan bagian untuk jasa pelayanan penginapan, penyedia makanan dan minuman serta jasa lainnya bagi masyarakat umum yang dikelola secara komersil. Setelah anda mengetahui pengertian hotel, […]

Dalam dunia modern ini hotel sudah menjadi bagian sejarah umat manusia, pengertian hotel sendiri adalah berdasarkan Keputusan Menteri Parpostel no Km 94/HK103/MPPT 1987 adalah  jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau keseluruhan bagian untuk jasa pelayanan penginapan, penyedia makanan dan minuman serta jasa lainnya bagi masyarakat umum yang dikelola secara komersil.

Setelah anda mengetahui pengertian hotel, mari kita mulai melihat sejarah dibaliknya!!

Dari beberapa pengertian di literatur, sejarah hotel awalnya terkait erat dengan dimulainya aktivitas manusia untuk bepergian ke tempat yang jauh dari tempat tinggalnya. Dulu mungkin tepatnya disebut penginapan. Secara otomatis pelancong membutuhkan tempat tinggal sementara untuk beristirahat maupun mengisi perbekalan perjalanan. Akhirnya banyak muncul rumah penginapan di tempat-tempat yang banyak dikunjungi oleh pelancong.

Dari berbagai sumber sejarah tertulis, Di masa Romawi telah muncul banyak rumah penginapan yang disebut mansiones, dibangun di sepanjang jalan utama kota. Namun antara satu mansiones dengan mansiones berikutnya berjarak cukup jauh bahkan hingga puluhan kilometer. Pada masa selanjutnya, Saat bepergian jauh sering dilakukan, khususnya dalam kegiatan dagang, ziarah atau militer, Hotel atau dulu disebut dengan rumah penginapan pun semakin banyak dibangun. Pembangunannya sendiri dulu berada di sepanjang jalur-jalur perdagangan dunia dan kota-kota kuno, contohnya seperti Yerusalem, Baghdad, Makkah, Cordoba, Roma, maupun Konstantinopel.

Ketika dimulai perang Salib (1096 M) melahirkan kota-kota baru di sepanjang wilayah Turki yang memanjang ke Syiria dan berakhir di Palestina. Pada epanjang jalur ini, banyak rumah penginapan diperuntukkan bagi para prajurit dan para peziarah yang ingin berkunjung ke Palestina. Bahkan, saat Abad Pertengahan, kehadiran rumah penginapan mendapat dukungan langsung dari otoritas gereja bagi  kepentingan peziarah. Setelah itu rumah penginapan atau hotel tidak lagi hanya menyediakan fasilitas penginapan, namun juga mulai melengkapinya dengan fasilitas pendukung seperti bar, salon, dan tempat makan . Dan rumah penginapan semacam inilah menjadi cikal bakal hotel dalam pengertian saat ini yaitu tempat singgah dan menyediakan fasilitas penunjang yang lengkap.

Sejarah Hotel Modern

Sejarah hotel modern mungkin dimulai pada abad ke-18, di kota-kota besar Eropa dan Amerika, mulai bermunculan banyak hotel semacam Hotel Covent Garden,  dirikan tahun 1774 , selain memiliki fasilitas lengkap—untuk zamannya—dan jumlah kamar yang banyak, berdampingan langsung dengan bioskop dekat Westminsfer di London.Di abad ini juga ada pula hotel yang terkenal City Hotel di New York dengan kapasitas 170 kamar yang didirikan pada 1794.

Industri perhotelan berkembang pesat pada abad ke-19. Hotel-hotel modern mulai didirikan di banyak kota besar, semacam London, Paris, New York, Boston, San Fransisco, dan lainnya. Para pemilik hotel tidak lagi sekedar menawarkan paket pelayanan tempat tinggal sementara, namun juga menyediakan tempat pertemuan dan konferensi.

Sejarh hotel juga menglami perkembangan pada abad ke-19, Bermunculan banyak hotel dengan pengertian khusus, contohnya adalah hotel untuk business travellers semisal Ellsworth Milton Statler Hotel di New York , didirikan tahun 1880. Hotel ini pun merupakan chain hotel alias jaringan hotel pertama dalam sejarah di muka bumi. Kemudian muncullah Hotel mewah semacam  Waldorf-Astoria (dibangun 1896) di New York dan The Brown Palace di Denver, Colorado. Dalam catatan sejarah kedua hotel memeiliki tingkat kunjungan tertinggi di Amerika masa itu.

Sejarah dan pengertian hotel pada abad ke-20, setelah Perang Dunia I berakhir, jumlah hotel semakin banyak seiring perkembangan transportasi massal. Banya Hotelbaru ini banyak didirikan di sekitar pusat-pusat bisnis. Berkembangnya dunia pariwisata di dunia membuat kelahiran hotel-hotel resort yang menawarkan paket penginapan sekaligus akomodasi.

Dalam perkembangan sejarah hotel selanjutnya, industri hotel di Amerika Serikat mulai melebarkan sayapnya ke luar negeri dengan menggunakan sistem franchise. Kemudian lahirlah jaringan hotel besar di bawah berbagai perusahaan besar contohnya yang paling terkenal adalah Hilton, Hyatt, JW Marriots.

Sekarang anda sudah mengertikan pengeritan dan sejarah hotel itu bagaimana? Silahkan sampaikan pendapat anda!!

Komentar Lewat Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>