Pantun Jenaka Betawi

Betawi terkenal dengan ciri khas pantun yang jenaka, bahkan dalam salah satu asdat istiadatnya terutama saat pernikahan.Supaya dapat menikahi mempelai wanita, mempelai pria wajib mengirimkan jagoan terbaiknya untuk menang dalam adu pantun (Acara Palang Pintu ). Berikut bintang punya beberapa koleksi pantun jenaka dari orang-orang betawi, diambil dari group facebook bernama "Pantun Betawi dan ngebales pantun". Semua pantun ini ada yang lucu ada yang nggak. Tapi yang pasti jenaka banget bro. dan semua kumpulan pantun betawi dibawah ini bisa kamu gunakan bua sms waktu lebaran, waktu natal dsb. Atau bisa kamu pelajari untuk buat pantun sendiri... dengan begitu warisan budaya betawi akan tetap lestari kalau anak muda seperti kamu mau memakainya. Ok yuk mari! berikut nih kumpulan pantun betawi nan jenaka : Anak gajah di kolong bale lagi asyik makan pete mohon maaf atas segale salah sikap dan salah kate Ikan teri kesamber gledek. Idul fitri is come back. Ada anak pelihara kate, maafin kita sekeluarga ye. Buah jambu disayur lodeh. Kalo gak mau, ee e ee capek deh. Jalan kaki ke petamburan disana beli ikan cue bentar lagi hari lebaran asyik ada banyak kue # cing "" daon salam dicampur laye..... makannye campur kokosan... salam kenal dari saye.......... ncing kimil betawi kemanggisan...." lebih dari setahun yang lalu # Ncing Aye prihatin ame selebriti kite, banyak diantarenye nyang blon tau bedenye pantu ame talibun kaye contonye : jaka sembung bawe golok ngge nyambung goblok padahal ntu talibun ,kenape pade ngomong ntu pantun ye... lebih dari setahun yang lalu # Nurul #### Ke ameriKa beli sepatU maafin aje ncing...emang mereKA pade kaga taU...... lebih dari setahun yang lalu # Bang ijo ijo daun rambutan jatoh diatas rerumputan biar betawi ato bukan sering2 aje ente pade keliatan... lebih dari setahun yang lalu # Dzaky Masing orok kudunya dibedong Ude gede gegaresnye sebakul kalo bole aye mo ikutan mantun dong.. bales pantun diBetawi Ngumpul... lebih dari setahun yang lalu # Zainal nasi ulam nasi uduk beri salam silahkan duduk sekitar 12 bulan yang lalu # Achmad pergi ke puncak lewat ciawi. pulangnya lewat glodok. kenalin nih ane anak betawi. ane tinggal di kebon jeruk. sekitar 11 bulan yang lalu # Andri jalan jalan ke bukit duri lewatnya jalan manggarai salam kenal dari andri yang dari pondok kopi sekitar 9 bulan yang lalu # Vey datang kaga dijemput .. pulang maunya turut diantar.. {jalangkung donk} bang ana juga mau ikut.. sayang kemauan neeh perut kga sabar {lapar}.. sekitar 8 bulan yang lalu # Ahmad Si tukul jalan di papah betawi ngumpul TOP dah sekitar 8 bulan yang lalu # Ali batre alkaline beli nye d'pinggir kali kali nye ade d'gg keran knalin ane ali jawara nye kmayoran sekitar 6 bulan yang lalu # Ismail buset dah .... mantep2 bgt ney pantun pade ye...... sblmnye Assalamu'alikum dulu ah...... klo situ batre Alkalinenye beli di pinggir kali Aye enih aje dah..... bu iin bawe martil buah kiwi d bawe kalong nih kenalin aye Ismail nak betawi rawe belong hehhee...... Lam kenal ye..... sekitar 5 bulan yang lalu # D'jack Salam Pramuka senyum menawan, Tegur sapa ciri budaya. Adek permisi maju duluan, Berbalas pantun biar ilmunya kaya. sekitar 5 bulan yang lalu # Ali tukang sawi kgak mw ngalah betawi... mantap lah sekitar 5 bulan yang lalu # D'jack Ade ikan namanye tenggiri Ikan dibawe ke Muare Kaman Melestarikan budaya negeri Bukanlah hanye tugas seniman sekitar 5 bulan yang lalu # iwan buah nangke buah delime tinggal satu buat siape mari kite berpantun ria dengan canda kite tertawa____ nyok...nyok ah sekitar 5 bulan yang lalu # Ismail mw pantun apaan ye ?? bingung aye.... hahhaaa..... buah nanas buah durian matematika rate2 pake bilangan susah emang klo hidup sendirian tapi banyak pacar malah kebingungan Hahhaaa...... Piiisss.... sekitar 4 bulan yang lalu # Nafi Bangun kesiangan lsg makan bubur Nasi uduk di bungkus daun talas Tinggal di kuningan ane di gusur Terpakse deh ane ngungsi ke ciracas Salam Hanafi Ali ( anak kuningan yg kegusur ) sekitar 4 bulan yang lalu # Ismail Wah..... mang knape bang d gusur ?? Poon lontar pade ditebang kerang dipasar pade ditebar Jadi orang sabar aje Bang Orang sabar pintu Rezekinye lebar hehhee..... Amin..... sekitar 4 bulan yang lalu # Nafi Sarapan bubur minumnye bajigur Jemur kasur gak use di gantung digsur bkan sembarang digusur ane digusur tapi dpet untung he he he Masih Alhamdulillah Tong..!! sekitar 4 bulan yang lalu # D'jack kupi diseduh air mendidih tambe gule diaduk rate biar ati nggak tambah sedih mari berpantun ala jakarte sekitar 4 bulan yang lalu # Ismail kekemang beli minyak zaitun bawe oleh2 puun pepaye klo emang situ jago pantun eh bolehlah lawan aye hehee...... sekitar 4 bulan yang lalu # Ismail buah semangke beli di cikupe nambel ban buat mtor ninje gak nyangke eh gw ampir lupe Nisfu Sya'ban udh ntar mlem aje hehheee.... sekitar 4 bulan yang lalu # D'jack Ayam bangkok dibawa atun Tiap pagi dimandiin Kalau iseng nyok kite bepantun Ampe pagi ane lanyanin *eh jgn deh tar ga gawe gw....hihihihi sekitar 4 bulan yang lalu # Ismail Jjiiaahh..... tukang kembang buang angin kembang kuncup pade bertaburan klo emang abang mao nantangin eh aye sanggup biar ade perlawanan haahhaa sekitar 4 bulan yang lalu # D'jack maen layangan ade benangnye benang kusut ilang ujungnye kite same-same bukan ahlinye lagi belajer pasti ade salenye bener ga bang ismail....... sekitar 4 bulan yang lalu # Betawi Jalan2 Kepasar CIkini jangan lupe bawe Peci.. Salam kenal nyang ade disni dai Deni Anak Betawie sekitar 4 bulan yang lalu # Agustavo pagi'e imlek malem'e bandeng ke ciomas beli bunga'e.... eh bang ente jelek ane ganteng kenalin nie jeremi tomas nama'a.... :) sekitar 3 bulan yang lalu # Betawi Wakakak....Jalan jalan ke Ciomas..Beli Mangge bijinye Kedondong Aye Percaya Ente jerermi tomas..tapi kenape ade Bodongnye ye Bang...? # Agustavo wkwkkwkwkwkwkwk makan kedondong di atas kereta api... biar punye bodong banyak perempuan yg ngantri... dari pade ente... naek sedan kepondok gede jgn lupa beli kokosan... cman badan ente doang yg gede tp muke masih ingusan...heehehee sekitar 2 bulan yang lalu # Betawi @Agutavo aye Tangkep ye Bang PANTUNAN ente.. Emang di Pondok Gede Banyak Kokosan. Tapi Kokosan lebih enak lagi dimakan bareng Buni Sape Bilang Badan aye Gede n Ingusan Perasaaan lebih parah ente deh Bang..karne jarang Mandi... Wakakaka..(Joke.com) sekitar 2 bulan yang lalu # Agustavo ente ga kenal ane bang... ke tenabang bli tahu jgn lupa bli daun sledry... klo abang mau tau nie ade'e gleen fredly.. sekitar 2 bulan yang lalu # Betawi Wakakak....bole juga nie Bang..tapi nie aye coba tangkep ye Emang cuma di Tenabang nyang Jual Sledri Perasaan aye sie ade juga d Pasar Jumat Mentang Zaman ude Maju Skrang ngaku Glen Fredi Perasaan aye kite dulu kenalan Ente ngakunye Mamat Bang.. (Joke.com) sekitar 2 bulan yang lalu # Agustavo hahahahhahahaha nama ane bukan mamat... klo ente mau tau nama ane... ke tenabang beli tahu pulang'e mampir gang haji said.. klo abang mau tau ni aji masid.... sekitar 2 bulan yang lalu # Betawi Wakakakak..bole juga Bang Aji..coba nie Bulan HAJi Bentar Lagi Bulan Ruwah ampir liwat Bole2 aje ngaku Aji Masaid Masa AJi Mas.Maennye di Sawah sie Bang....wakakkak sekitar 2 bulan yang lalu # Agustavo hahahahaahaha.... ente nyela mulu nie kaya'e.... es kemong campur roti klo ngomong hati2..... sekitar 2 bulan yang lalu # Betawi Wakakka.....ya ude nie aye bales lagi dah... KAli Abang Adenye di Bekasi Kali Adem adenye di bulak rante eh..Abang jangan emosi ye Kte bikin adem dah..Namenye juga becande...ye Gak >>. wakaka sekitar 2 bulan yang lalu # Agustavo hehehehehehe ane dah abis pantun'e bang... sekitar 2 bulan yang lalu # Betawi Wakakakakk....jahhh..baru pengen d sautin lagi...kekeke..1-0 ye Bang (Joke.com) sekitar 2 bulan yang lalu # Agustavo oce ntar klo ada lg qte mulai lg... sekitar 2 bulan yang lalu # Betawi Sep..kalo ade nyang JEBUL lagi..kite SROGOT dah...Oks bang sekitar 2 bulan yang lalu # Agustavo ente mulai duluan dunn... sekitar 2 bulan yang lalu # Betawi Oks.. Nyari Buni di Pasar Kemis Anak Beruk Maen di Taman Nyari Bini Jangan Asal Manis Buat juga kalo ga Se IMAN... sekitar 2 bulan yang lalu # Agustavo betul bang rintik2 hujan di atas bau... cantik bkn jaminan tp ahlaq no 1.... sekitar 2 bulan yang lalu # Betawi Kalo Ujan rintik Meding kite Neduh Kalo Ujannye Gede Awas Banjir...? Bang Kate Anak Sekarang nie Denger Bang Zaman skrang Cantik gak penting tuh..? Nyang penting Tajir...ck..ck..ck.. (Ahlak,n rupenye die ga hiroin lagi dah..kasianan ya Bang) sekitar 2 bulan yang lalu # Agustavo mane pantun'e bang... 1-1 sekitar 2 bulan yang lalu # Betawi Oks..deh aye Bales Liat S Eman Jualan Kerang Kerangnye di bawa k Pasar Cikini Aye heran nie Sekarang Ko ga ade nyang nyasar kemari. ya...? sekitar 2 bulan yang lalu # Agustavo hahahahha taman nawang banyak bang yg nganggur... tenang aje pohon duku di dalem hutan baju ijo jatuh ketanah... orang satu jadi rebutan klo jodoh ga kemana.... sekitar 2 bulan yang lalu # Betawi Kali Jodo dari dulu ude terkenal Bulak Rante adenye di Kramat Jati Pegimane dbilang Jodo kalo blom kenal Die Anaknye P.RT.Namenye si ROHATI ...wakakakka sekitar 2 bulan yang lalu # Agustavo hahahahahhaha ane ga tau ente dah nikah.... sekitar 2 bulan yang lalu # Betawi Hehehhe...Ude Bang aye ude punye Buntut Dua..wakakaka sekitar 2 bulan yang lalu # Agustavo ohhhhhhhh...... sekitar 2 bulan yang lalu # Agustavo kirain ente bujangan sekitar 2 bulan yang lalu # Betawi Kekeke..mengkenye maen dah d Prof.aye kliata dah tuh Buntut ame Biangnye...? sekitar 2 bulan yang lalu # Agustavo pantun yg ngajak berantem dunn bang wat palang pintu?? sekitar 2 bulan yang lalu # Betawi mmm..bole tapi..1 aje dulu ye...cos ane lagi bnyak kerjaan nie Rumah gedongan rumahnye belande, pagarnya kawat tiangnye besi, Gue kaga mao tau nih rombongan datengnye dari mane mau kemane, tapi lewat kampung nie gue kudu permisi sekitar 2 bulan yang lalu # Unjul nyang ini bang kalo bwt palang pintu mah... P: Eh, Bang-bang berenti, bang budeg ape luh. Eh, bang nih ape maksudnye nih, selong-selonong di kampung orang. Emangnye lu kagak tahu kalo nih kampung ade yang punye?... P: Eh. Bang, rumah gedongan rumah belande, pagarnya kawat tiangnya besi, gue kaga mao tau nih rombongan datengnye dari mane mau kemane, tapi lewat kampung gue kudu permisi. L: Oh. jadi lewat kampung sini kudu permisi, bang P: Iye emangnye lu kate nih tegalan L: Maafin aye bang, kalo kedatangan aye ama rombongan kage berkenan di ati sudare-sudare. Sebelomnye aye pengen ucapin dulu nih Bang. Assalamu'alaikum P: Alaikum salam. L: Begini bang. Makan sekuteng di Pasar Jum'at, mampir dulu di Kramat Jati, aye dateng ama rombongan dengan segala hormat, mohon diterime dengan senang hati P: Oh, jadi lu uda niat dateng kemari. Eh Bang, kalo makan buah kenari, jangan ditelen biji-bijinye. Kalo ku udeh niat dateng kemari. Gue pengen tahu ape hajatnye?... L: Oh. jadi Abang pengen tahu ape hajatnye. Emang Abang kage dikasih tau ame tuan rumehnye. Bang, ade siang ade malam, ade bulan ade matahari, kalo bukan lantaran perawan yang di dalam, kaga bakalan nih laki gue anterin ke mari. P: Oh. jadi lantaran perawan Abang kemari?...Eh. Bang, kage salah Abang beli lemari, tapi sayang kage ade kuncinye, kage salah abang datang kemari, tapi sayang tuh, perawan ude ade yang punye L: Oh.jadi tuh perawan ude ade yang punye. Eh Bang crukcuk kuburan cine, kuburan Islam aye nyang ngajiin, biar kate tuh perawan udeh ade yang punye, tetep aje nih laki bakal jadiin P: .Jadi elu kaga ngerti pengen jadiin. Eh Bang kalo jalan lewat Kemayoran, ati-ati jalannye licin, dari pada niat lu kage kesampaian, lu pilih mati ape lu batalin L: Oh. Jadi abang bekeras nih. Eh Bang ibarat baju udah kepalang basah, masak nasi udah jadi bubur, biar kate aye mati berkalang tanah, setapak kage nantinye aye bakal mundur P: Oh. jadi lu sangke kage mau mundur, ikan belut mati di tusuk, dalam kuali kudu masaknye, eh. Nih palang pintu kage ijinin lu masuk, sebelum lu penuin persaratannye L: Oh. Jadi kalo mao dapet perawan sini ade saratnye, Bang.? P : Ade, jadi pelayan aje ada saratnye, apa lagi perawan. L: Kalo begitu, sebutin saratnye. Bang. P: Lu pengen tau ape saratnye. Kude lumping dari tangerang, kedipin mate cari menantu, pasang kuping lu terang-terang, adepin dulu jago gue satu-persatu L: Oh. jadi kalo mao dapet perawan sini saratnye bekelai Bang. P: Iye. Kalo lu takut, lu pulang. L: Bintang seawan-awan, aye itungin beribu satu, berape banyak Abang punya jagoan, aye bakal adepin satu-persatu. Setelah adegan di atas, pemain palang pintu biasanya melanjutkan dengan kembangan. Berikut adalah petikannya. L: Bang, lu tau dalemnye rawe, pasti lu tau kali semanan, kalo mau tau namenye jaware, nih lu liat gue punye maenan (jalanin jurusnye ). Nih ..baru kembangnye .. Bang. Ntar buahnye.. P: Kelape ijo ditusuk belati, naek perahu lurus jalannye, udeh banyak jago yang mati, nih jurus pukulannye, (jalanin jurusnye) kalo elu buahnye. nih bijinye.. Beradu jurus pun berakhir. Pihak pengantin lelaki keluar sebagai pemenang. Perbincangan pun dilanjutkan kembali. L: Gimane Bang.rase-rasenye jagoan Abang udeh pade rontok semua nih. Ape aye ame rombongan udah boleh masuk?...Ape masih ade saratnye lagi Bang?... P: Ntar dulu Bang, enak aje. Pan lu tau. Buah cereme jangan diasinin, makan nasinye di kandang kude, sarat pertame emang lu ude penuin. Tapi masih ade sarat yang kedue. L: Sebutin udah bang jangan lame-lame P: Tukang lakse dagangnye malam jalannya muter ke Pasar Kranji gue minta elu jangan cume bise berantem tapi gue pengen denger lu bise ngaji L: Tumbuk ketan jadinye uli-ulinye juge kudui ditapeni betaun-taun anak kampung gue bisa ngaji lagu yang Abang minta aye bawain (baca sikeh) L : Gimane Bang. soal berantem aye udah ladenin, soal ngaji abang udah dengerin ape aye ame rombongan udah boleh masuk, ape masih ade saratnye lagi, Bang?... P: Cukup-cukup dah Bang. Rase-rasenye kage sie-sie aye bebesanan ame Abang soal silat Abang jago.soal ngaji Abang bise. Aye Cuma bisa bilang. buah mangga bukan sembarang mangga buahnye satu tulung petikin aye bangga bukan sembarang bangga mantu yang begini yang aye arep-arepin ahlan wasahlan buat Abang ame rombongan. Assalamu, alaikum. sekitar 2 bulan yang lalu # Betawi WAKAKAKA.Panjang amat nie Romannye ade lagi senggetannye gakk..? boleh juga sie Bang..? sekitar 2 bulan yang lalu Jika kamu mau ngebalas pantun betawi nan jenaka diatas, kamu tinggal gabung di facebook. Groupnya bernama "Pantun Betawi dan ngebales pantun". lalu cari di bagian diskusi, Ok selamat berpantun.

Komentar Pantun Jenaka Betawi Lewat Facebook

Comments

  1. acun says

    daun salam jangan di kum
    si waroh jualan batu
    assalamualaikum
    warohmatuwlohii,,wabarokatu
    *
    acun,icun
    pergi kesawah
    artinya
    k’gak tauu…..

  2. Betawi Bgtzz says

    nih bang ane punye pantun ..

    burung merpatih terbang di awan
    terbangnye tinggi nemplok di atep
    abng kemari nyari anak perawan emang
    di sono kaga ade nyang cakep

  3. syahril says

    assalamualaikum ncang,ncing,nyak,babeh. aye mao ikutan ah,,, boleh kage..

    kepiting japit kerang
    kerang di lobang batu
    pasang kuping terang-terang
    nih syahril nomer satu..

  4. nazifa says

    jual emass ditoko sebelah
    beli jamu ditoko depan
    jangan malas pergi sekolah
    karna ilmu untuk masadepan

  5. wildan habibi says

    assallamuallaikum dulu deh yee ..

    ehh bng di asia bnyk buaye bng
    buaye kiwi naek tangga ..
    ehh bng di indonesia bnyk budaye bng
    budaye betawi yg aye bngga ..

    ehh bng buaye bkn smbarng buaye bng
    ntu buaye mknye paye
    ehh bng budaye bkn smbrng budaye
    ntu budaye punye gaye ..

  6. qeis the jak mania says

    kalo laper makannye mi
    minumnya es kelapa muda
    salam dari kami
    the jak melati dua
    #persija day

  7. Ahmad says

    Itikricak itik ricak
    Saladah geude bengketna
    Sidik pisan sidik pisan
    Nyiranda geude heuncetna

  8. @alvin_neymar36 says

    ade orang nama’e rumana..
    Hobinye kakan di warteg..
    Aura nye yang cetar membahana..
    Buat aye kelepek-kelepek..

  9. muhammad alvin octavian says

    ape itu bobotoh..
    Aye tau nye jak manie..
    Aye lagi cari jodoh..
    Tapi yg baik & stie..
    :D

  10. nia baawel says

    dingin dingin makan sekuteng
    makannya di pinggir taman
    ga kpengen punya pacar ganteng
    mukanya fakir ga beriman