Nama Planet Terbesar dan Termuda

Para astronom telah menemukan sebuah planet yang paling muda umurnya. Bukan hanya itu planet itu bisa jadi salah satu yang terbesar dari segi ukuran. Planet ini mengorbit seperti matahari, tentu saja letaknya di luar galaksi bima sakti ini. Lalu apa nama dan spesifikasinya mas Bintang? Mari kita lihat apa yang telah astronom temukan…

Planet ini mempunyai nama BD+20 1790b, dan berada sekitar 83 tahun dari tempat tinggal kita bumi. Planet ini memiliki usia 35 juta tahun, sebuah usia yang terlalu tua untuk manusia, namun terlalu muda untuk umur sebuah planet. Bayangkan saja bumi saja sudah mencapai usia 4,5 milyar tahun.

Nah planet yang mempunyai nama BD+20 1790b bukan hanya menakjubkan dari segi umurnya yang muda tapi dari ukuran. Besar dari planet ini mencapai enam kali planet terbesar di tata surya kita, Yupiter. Bisa dikatakan Ini merupakan planet termuda yang mengorbit bintang dengan ukuran hampir setara matahari.

Salah satu penemu dari BD+20 1790b… Dr. Maria-Cruz Galvez-Ortiz, astornom Universitas Hertfordshire mengatakan ini adalah penemuan yang menarik. Mengapa demikian?

Dengan ditemukan planet muda ini diharapkan dapat membantu astronom dalam menyelidiki tahap awal sebuah evolusi planet. Seperti yang kita tahu pengetahuan mengenai tahap awal dari evolusi planet tersebut relatif masih terbatas.

BD+20 1790b ditemukan dengan pengamatan yang menggunakan teleskop berbeda-beda selama lima tahun terakhir. Wah bisa kebayan kan susahnya kayak apa!!!

Perhatian : Gambar yang anda lihat diatas mungkin bukanlah planet terbesar yang dimaksud. Ini karena saat penulis mencari gambarnya dengan menuliskan nama planet tersebut di google masih sedikit informasinya.

Komentar Nama Planet Terbesar dan Termuda Lewat Facebook

Comments

  1. akbar says

    wah..cuma 83 tahun jaraknya dengan bumi. berarti termasuk deket donk? itu masuk galaksi mana ya?

  2. tryztan says

    wow, setara matahari?…gravitasinya kaya apa tuh.
    83 tahun cahaya mungkin. Kecepatan cahaya 300.000 km/s. jd kalo 83 tahun cahaya ya 60x60x24x365x83x300.000 km. berapa tuh :D