Otomotif

Knowledge is Power

Mobil Honda Freed S – Review, Spesifikasi dan Harga

Oleh : Harry Sardono,
Wednesday, May 1st, 2013
Mobil Honda Freed S – Review, Spesifikasi dan Harga Reviewed by Bintang Taufik on . Tentang Mobil Honda Freed S – Review, Spesifikasi dan Harga the

Kenyamanan menjadi kebutuhan mutlak pada sebuah mobil keluarga. Tak terkecuali Honda Freed yang menawarkan beragam unsur kenyamanan pada keluarga modern Indonesia, dari pintu geser elektris, captain seat hingga kemudahan akses diantara baris bangku. Tak hanya itu, interior cooling system pun terus dikembangkan agar seluruh penumpang tetap merasa nyaman meski berkendara di bawah terik matahari. Penerapan […]

Honda Freed S
Kenyamanan menjadi kebutuhan mutlak pada sebuah mobil keluarga. Tak terkecuali Honda Freed yang menawarkan beragam unsur kenyamanan pada keluarga modern Indonesia, dari pintu geser elektris, captain seat hingga kemudahan akses diantara baris bangku.

Tak hanya itu, interior cooling system pun terus dikembangkan agar seluruh penumpang tetap merasa nyaman meski berkendara di bawah terik matahari. Penerapan AC climate control menjadi cara pertama Honda untuk mereduksipanas di kabin Freed sebagai improvement step one.

Lalu green glass menjadi langkah kedua untuk mereduksi panas. Dengan penggunaan kaca jenis laminated di seluruh kaca Honda Freed, secara otomatis mampu menolak panas dengan lapisan film yang hadir di dalam kaca tersebut.

Step three-nya adalah penerapan blower di plafon agar sirkulasi udara dingin dapat merata hingga bangku baris ketiga. Tanpa kehadiran evaporator, membuat beban kerja mesin tidak terganggu. Hal ini jelas berdampak pada tidak berubahnya konsumsi BBM Honda Freed. Untuk rute dalam kota, Freed mencatat angka 10,5 km/l, pun begitu dengan rute tol dengan 15,2 km/l.

Tak hanya itu, penambahan bobot double blower tanpa evaporator di atap pun telah dipikirkan ma-tang-matang. Sebab bila penambahan bobotnya cu-kup signifikan, maka sisi pengendalian pun akan terkena dampaknya. Centre of gravity yang berubah akan mempengaruhi keasyikan Freed saat berada di balik kemudi. Padahal Compact MPV Honda ini cukup andai di kelasnya.Honda Freed S inside

Unit tes kami ini merupakan tipe S yang memiliki harga Rp 238 juta. Seakan tak ingin kalah dengan kompetitornya, Honda pun memberi nilai lebih pada tipe ini agar tetap diminati konsumen Tanah Air. Penambahan electric sliding door di sisi kiri memberi value baik di kelas ini. Apalagi meski tidak dilengkapi motor elektrik di sisi kanan, pintu dapat menutup sempurna tanpa perlu dorongan kuat.

Tersedianya arm rest di bangku depan dan baris kedua, kian memberi kenyamanan penggunanya. Hal ini sangat bermanfaat saat perjalanan jauh, lengan kiri pengemudi dapat ditopang dengan baik sehingga diisti-rahatkan sejenak saat lalu lintas lengang. Pun begitu dengan lengan kanannya yang dapat ditopang via doortrim.

Visibilitas pun menjadi keunggulan Freed. Luasnya kaca depan dan samping, membuat seluruh penumpang terasa nyaman. Satu yang menjadi catatan kami adalah video entertaiment yang belum hadir di mobil keluarga Honda ini. Freed hanya menawarkan headunit berkualitas yang mampu menerima beragam input untuk mendengarkan musik.

Di eksetrior, tipe S terbaru kini telah dilengkapi gamish krom di belakang dan pemanas kaca. Sedang-kan desain gril krom baru meski minus foglamp dan pelek alloy 15 inci sebagai kelengkapan standar.

Kesimpulan Honda mulai memberi nilai lebih dilini produknya. Setelah Honda Jazz hadir dengan harga di bawah Rp 200 juta, kini Freed mendapat sentuhan baru agar lebih bernilai. AC double blower dan pintu geser elektik di sisi kiri serta pelek alloy 15 inci merupakan daya tarik di tipe S ini. Meski kami tetap mengharapkan kehadiran monitor untuk melengkapi kebutuhan sebagai mobil keluarga

Rival : Nissan Grand Livina 1.5 Ultimate A/T Mesin: 1.498 cc 4-silinder, 109 dk 0-100 km/jam: 12,4 detik Harga: Rp 221 juta.

Spesifikasi Lengkap

Harga

Rp 238 juta

Mesin

1.497 cc 4-silinder

Tenaga maksimum

118 dk/6.600 rpm

Torsi maksimum

148 Nm/4.400 rpm

Transmisi

Otomatis 5-speed/FWD

Dimensi (P x L x T)

4.215 x 1.700 x 1.735 mm

Wheelbase

2.740 mm

Kapasitas tangki/ban serep

42 liter/space saver

Ground ciearance

165 mm

Ukuran ban

185/65 R15

Bobot

1.330 kg

PERFORMA

0-100 km/jam

12,2 detik

0-60 km/jam

4,8 detik

60-80 km/jam

3,2 detik*

80-100 km/jam

4,2 detik*

100-120 km/jam

5,8 detik*

RPM @ 100 km/jam

2.000 rpm

Pengereman (100-0 km/jam)

46,9 meter

Konsumsi BBM dalam kota/tol

10,5/15,2 km/l

CO idle/4.000 rpm

0/0 %Vol

HC idle/4.000 rpm

8/12 ppmVoI

Teknoiogi

- Electronic Power Steering

- i-VTEC

- Real time consumption meter

*=kickdown

FITUR

Airbag/ABS/EBD/BA

Ada/ada/ada/ada

Kontrol traksi/ESP

Tidak/tidak

AC climate control/dualzone/double blower

Tidak/tidak/ada

CD/MP3/DVD player/cup holder

Ada/ada/tidak/7

Monitor/USB/Aux-ln

Tidak/ada/ada

Tombol audio setir/cruise control

Tidak/tidak

On-board computer/voice command

Ada/tidak

Jok elektrik/heater/ECO Mode

Tidak/tidak/tidak

Launch control/suspension control

Tidak/tidak

Keyless entry/alarm/smart key/immobilizer

Ada/ada/tidak/ada

Setir adjustable reach/rake

Tidak/ada

Headlamp projector/auto levelling/HID

Tidak/tidak/tidak

Spion/pelipat elektrik/foglamp

Ada/tidak/tidak

Kamera parkir/sensor parkir/hujan/lampu

Tidak/tidak/tidak/tidak

Auto door-lock/sunroof/pelek

Tidak/tidak/alloy 15 inci

 

Komentar Lewat Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>