lazada.co.id

kesehatan

Knowledge is Power

Mimisan! Penyebab, Sebab dan Cara Mengatasi

Oleh : Bintang Taufik,
Monday, April 30th, 2012
Mimisan! Penyebab, Sebab dan Cara Mengatasi Reviewed by Bintang Taufik on . Tentang Mimisan! Penyebab, Sebab dan Cara Mengatasi the

Apa itu mimisan? apa saja penyebab dan sebab terjadinya? Dan yang paling penting bagaimana mengatasinya. Sebelumnya perlu kita semua tahu bahwa mimisan itu bukan penyakit malainkan adalah sebuah gejala. Jadi ibu2 yang sering menghadapi masalah dengan anak yang sering mengalami kejadian ini. Semoga dapat membantu Mimisan yang juga memiliki nama lain epistaksis terjadi sebab pecahnya […]

Apa itu mimisan? apa saja penyebab dan sebab terjadinya? Dan yang paling penting bagaimana mengatasinya. Sebelumnya perlu kita semua tahu bahwa mimisan itu bukan penyakit malainkan adalah sebuah gejala. Jadi ibu2 yang sering menghadapi masalah dengan anak yang sering mengalami kejadian ini. Semoga dapat membantu

Mimisan yang juga memiliki nama lain epistaksis terjadi sebab pecahnya membran tipis yang membatasi bagian lubang hidung (nostril) lalu kemudian darah yang keluar dari hidung akan berhenti jika sudah menggumpal. Penyebab sistemik yang memungkinkan  antara lain kelainan darah, demam berdarah dengue,hipertensi,  influenza, dan lain sebagainya. Namun pada Umumnya mimisan terjadi akibat adanya benturan pada hidung. kondisi sekitar yang panas atau lembab juga bisa menjadi pemicu juga.

Sekarang bagaimana cara mengatasi mimisan ini, gampang kok berikut artikel yang dikutip blogbintang dari health.detik yang ternyata juga mengutip dari Medicinenet :

  1. Cubit pada bagian lubang hidung dengan sangat lembut dan hati-hati memakai ibu jari dan jari telunjuk. Hal ini dilakukan untuk membendung aliran darah, setidaknya 5 menit.
  2. Cobalah bernapas melalui mulut
  3. Duduk dengan tenang dan jaga kepala lebih tinggi daripada jantung
  4. Jangan berbaring atau meletakkan kepala di antara kaki
  5. Kompres hidung dan pipi dengan es yang dibungkus handuk

Setelah darah mimisan berhenti… ada beberapa hal yang wajib anda lakukan :

  • Istirahat dengan posisi kepala agak ditinggikan, sekitar 30 hingga 45 derajat
  • Cobalah selalu menjaga posisi kepala lebih tinggi dari jantung
  • Jangan merokok
  • Jangan mengejan saat buang air besar, sebaiknya gunakan pelunak kotoran atau pencahar.
  • Sementara jangan mengangkat benda yang berat
  • Jangan meniup hidung atau memasukkan apapun ke dalamnya. Jika harus bersin, buka mulut Anda sehingga udara akan keluar dari mulut bukan hidung.
  • Sebaiknya jangan mengonsumsi minuman panas setidaknya selama 24 jam

Itulah informasi tentang mimisan tentang penyebab terjadinya, sebab dari beberapa penyakit dan yang terakhir dan tentunya paling penting yaitu bagaimana cara mengatasi jika hal itu terjadi.

 

Komentar Lewat Facebook

2 thoughts on “Mimisan! Penyebab, Sebab dan Cara Mengatasi

  1. susah juga ya kalau napas dari mulut, ngga terbiasa dan kadang suka panik duluan, apalagi kalau disekelilingnya banyak orang yang ngelihatin.

  2. dulu wktu saya msh kecil,saya kerap kali mimisan,dlm 1 minggu bsa sampai 2 kali.
    Biasa na di awali dngan kepala pusing,jika belum mimisan sakit di kepala saya belom hilang,
    Ketika saya tnyakan ke d0kter,mereka bilang’ini hnya darah kotor’
    Hampir 10 tahun kebiasaan mimisan saya hilang,tdak pernah sama sekali. . .

    Tapi tidak tahu kenapa,akhir akhir ini saya mimisan lagi…

    Tahukah anda kenapa. . ? ?
    Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>