Motivasi

Knowledge is Power

Menghadapi Kritikan di depan Umum

Oleh : Bintang Taufik,
Friday, April 10th, 2009
Menghadapi Kritikan di depan Umum Reviewed by Bintang Taufik on . Tentang Menghadapi Kritikan di depan Umum the

Dalam menjalani hidup ini pastilah ada kritikan yang menghadang, bak tembok kokoh sekuat tembok besar cina. Apapun karya yang kita buat…pastilah ada orang yang mengkritik. Terkadang kita (anda dan saya) tidak mempu bersikap arif dan bijaksana. Padahal kesuksesan kita dalam menghadapi kritikan di depan umum, akan menjadi tolak ukur apakah kita menjadi orang sukses atau […]

menghadapi kritikanDalam menjalani hidup ini pastilah ada kritikan yang menghadang, bak tembok kokoh sekuat tembok besar cina. Apapun karya yang kita buat…pastilah ada orang yang mengkritik. Terkadang kita (anda dan saya) tidak mempu bersikap arif dan bijaksana.

Padahal kesuksesan kita dalam menghadapi kritikan di depan umum, akan menjadi tolak ukur apakah kita menjadi orang sukses atau tidak.

Berikut beberapa tips dan motivasi dalam menghadapi kritik saat di depan umum serta. Dan yang akan menjadikan anda orang sukses tahan kritik.

Tetap Stay Cool

Saat mendapatkan kritikan di depan umum. Yang pertama kita lakukan adalah stay cool…jadi berikaplah tenang walaupun di dalam hati sudah sepanas api matahari. Karena jika saat dikritik dan anda malah marah…sudah pasti anda memang dianggap salah oleh orang yang melihat.

Berbeda jika anda terlihat tenang dan beberapa kali tersenyum. Orang akan melihat anda adalah orang yang benar, orang yang profesional dan benar-benar memahami masalah yang sedang dibicarakan. Jadi banyak orang deh yang bersimpati dengan anda.

Ini memang susah! tapi pesan motivasi saya : Coba Lakukan! (karena orang sukses pasti lakukan hari ini juga)

Ikuti arus kritikan kemudian berbelok.

Jika pengkritik benar-benar sudah berbeda pendapat dan maunya sok menang sendiri. Satu-satunya jalan adalah dengan mengikuti kemauan si pengkritik kemudian… sedikit belokkan kritikan tersebut  agar sesuai pendapat kita.

Apakah hasil Tes Iq anda sangat kecil sehingga tidak mampu mengikut kata-kata bijak diatas :D . Berikut Contohnya.

Pendapat anda itu memang bagus tapi..
Nah kata ‘tapi’ disini menunjukkan bahwa jauh-jauh hari anda sudah memikirkannya..tapi mempunyai beberapa hal yang merugikan

Secara garis besar saya setuju dengan pendapat, tapi bukankah akan lebih baik..
Peryataan diatas akan menunjukkan bahwa anda memiliki pendapat yang lebih baik dari si pengkritik.

Biasanya orang sukses dalam hal ini mempunyai kosakata ataupun ejaan bahasa yang tepat untuk menyampaikan pendapatnya. Namun jangan jadi pembohong yah.

Jangan menginterupsi pengkritik

Sebelum pengkritik selesai bicara jangan pernah menginterupsinya. Itu hanya akan membuat anda terlihat marah dan ingin menang sendiri di depan banyak orang. Tetaplah tenang, sampaikan pendapat anda setelah dia selesai bicara

Kemudian saat pengkritik malah mengienterupsi anda saat berbicara. Biarkanlah! Diam saja saat menginterupsi. Itu akan membuat persepsi orang-orang bahwa anda lebih dewasa dan profesional dari pengkritik.

Jadi disini titik balik anda bisa mengalahkan pengkritik.

Kritik adalah Motivasi

Hal- hal diatas adalah cara bertahan dalam kritikan. Tapi setelah itu akan lebih baik jika kita belajar dari kirtik itu. Carilah hal-hal yang belum kepikiran dari kritikan itu. Dan gunakan untuk memperbaiki apa yang telah kita mulai.

Kadang-kadang sebuah hal bisa menjadi 2 persepsi yaitu baik dan buruk. Maka daripada itu Cobalah buat itu menjadi persepsi yang baik..dengan kata lain ubah kritik itu menjadi mesin motivasi untuk menjadi lebih baik lagi.

Komentar Lewat Facebook

7 thoughts on “Menghadapi Kritikan di depan Umum

  1. Pas banget.. besuk akhir bulan saya mau wawancara dengan dedengkot blogger di solo :D

    Pantas di coba

    Postingan di blognya dNoxs : Tips Cara Cepat dan Tapat Mencari Nama Domain

  2. Pingback: Download Game Gratis Mario Forever dan Mario Forever Galaxy

  3. Pingback: 5 kriteria Pria idaman wanita | Tips cinta yang wajib dibaca untuk membuat wanita jatuh cinta

  4. Pingback: Motivasi Hidup seorang Bob Sadino | Artikel Motivasi dari orang sukses

  5. jika qta d gunjing someone jgn d hiraukan nanti dia jga capek “n” jalanin ja idup ne pahit, getir, senang bahagia hanya qta &tuhan yg tauw. be yuor self.

    dhaaaaaaaa wkawakakak………..

  6. Bener banget nih. Cuma di sisi lain, sebagai pengkritik juga harus memberikan kritik secara jelas dan benar, sehingga kritikannya tidak menjadi terkesan sirik atau ga niat komen. Krn belum tentu semua kritikan org itu atas dasar ingin memperbaiki sesuatu dan bisa jadi hanya krn iseng saja! Biasanya pasti keliatan tipe org2 seperti itu dr kritiknya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>