Tips

Knowledge is Power

Tips mengatasi dan penyebab penyakit insomnia

Oleh : Bintang Taufik,
Friday, June 26th, 2009
Tips mengatasi dan penyebab penyakit insomnia Reviewed by Bintang Taufik on . Tentang Tips mengatasi dan penyebab penyakit insomnia the

Penyakit insomnia adalah dimana seseorang mengalami susah tidur ataupun kalau tidur maka tidak nyenyak. Dan hal ini terjadi secara terus menerus. Diperikirakan 1 dari 3 orang pernah mengalami ini.Dan bintang sendiri adalah salah satu diantara mereka. Berikut informasi yang berhasil bintang kumpulkan tentang penyakit ini. Meliputi jenis penyakitnya, penyebab insomnia dan tentu saja hal yang […]

insomiaPenyakit insomnia adalah dimana seseorang mengalami susah tidur ataupun kalau tidur maka tidak nyenyak. Dan hal ini terjadi secara terus menerus. Diperikirakan 1 dari 3 orang pernah mengalami ini.Dan bintang sendiri adalah salah satu diantara mereka.

Berikut informasi yang berhasil bintang kumpulkan tentang penyakit ini. Meliputi jenis penyakitnya, penyebab insomnia dan tentu saja hal yang paling penting cara mengatasi  insomnia itu sendiri.

OK! Bintang Langsung saja..

Jenis penyakit insomnia ada 3 yaitu :

  1. Susah tidur (sleep onset insomnia)
  2. Terbangun di tengah malam (sleep maintenance insomnia)
  3. Bangun lebih cepat (early awakening insomnia)

Beberapa penyebab insomnia adalah sebagai berikut :

  • Masalah psikis yang terganggu. Walaupun dapat menyerang semua usia tapi kebanyakan meningkat seiring usia. Ini mungkin dikarenakan semakin bertambah tua biasanya orang bertambah stres.
  • Memiliki penyakit yang memang dapat mengganggu tubuh seperti asma, demam dll.
  • Lingkungan tempat tinggal yang memang menganggu. (tetangga ribut, lampu menyala)
  • Mempunyai kebiasaan buruk seperti minuman keras, kopi menjelang tidur dsb.
  • Menggunakan ranjang untuk kegiatan lain seperti bekerja, membaca buku. Gunakan ranjang hanya untuk tidur. Supaya kalau tidur bawaannya ya ngantuk bukannya insomnia.
  • Dan ada sebuah kabar burung bahwa wanita lebih rentan terkena penyakit insomnia ini dibanding pria.

Jika sudah tahu penyebab susah tidur kamu . Sekarang sudah saatnya kamu membaca paragaf selanjutnya tentang…

Cara Mengatasi Insomnia atau susah tidur

  • Karena stres dapat menyebabkan insomnia soba baca artikel bintang yang terdahulu tentang cara mengatasi stres.
  • Mandi air hangat sebelum tidur sebelum tidur
  • Melakukan hal yang dapat membuat kamu berkonsentrasi secara berulang seperti menghidung domba, menghitung angka dari 1 sampai 10.000. Lakukan itu dalam keadaan terpejam
  • Mendengarkan musik yang tenang atau mendengarkan radio.
  • Hindari makan dan minum (terutama kopi) dalam jumlah banyak sebelum tidur. Tapi disarankan makan makanan ringan yang mengandug sedikit karbohidrat.
  • Tidurlah dalam keadaan lingkungan nyaman. Matikan lampu! Hilangkan suara yang mengganggu
  • Belajarlah untuk tidur dalam waktu yang teratur.

Kamu sekarang sudah tahukan apa saja penyebab dan jenis penyakit insomnia. Lalu bagaimana jika cara mengatasi insomnia diatas GAGAL. Apa yang harus dilakukan? Mau tidak mau kamu harus nonton MTV Insomnia :P

Komentar Lewat Facebook

28 thoughts on “Tips mengatasi dan penyebab penyakit insomnia

  1. aqU tuch sLalu bn9un jm 2 pagi… n ga bsa tdUr mpe jm 6, tp paZ mw brangkat scUl aqu ga prnah ngntuk, aneh ya….

  2. klo aku ssh tidur krn keseringan mti lampu

    hahahahahahaha
    wkwkwkwkwkwk

    jd bgmna my itu?
    na maraya mamakku,,,,,

  3. jahh,, pda beruntung xia..
    gw yg menderita nie..
    ga bs tidur kLo waktu msh nunjuk di bawah jam 3..
    sedih kan??
    di skuL ngantuK, jd bu” di keLas ajh!!

  4. kalauuu penyakit insomnia ituu . . . .
    trus berlanjut’ apa akibatyany ??
    merusak apa dia antaranya ?
    mhon jawab pertanyaanya ia ??

  5. tapi saya teep aja ga bisa tidur
    dah minum obat tidur malahan api penyakit itu ga kunjung sembuh
    gimanah yaaaaa?

  6. klo saya ga bisa tidur sampai jam 5 pagi,.
    karna saya mikirin utang motor.
    hehhhehhehhheee,..

  7. klau aq udah dari umur 15 tahun kena penyakit susah tidur….
    setiap aq berusaha mau tidur,pasti nggak berhasil truzz…
    tuh gmana yach???
    apa perlu aq dinina boboin ama seorang cew dulu :P

  8. asalamialaikum.

    ia penyakit pa yg d timbul kan karna insomnia,

    sya klo mlm ga isa tdr,
    tpi klo dah siang sya sll ngantuk n trus tdr,
    sya bingung msti n hrus kya ge mna.???

  9. hai bro mau cepat sehat? gampang tinggal pake pembangkiit energi sel, gw dah nyoba hari 1dan 2 gw mulai ngerasain tidur lebih berkwalitas dan hari ketiga gw benar2 sembuh… gampang kan…g makan obat, ga ribet, murah lagi neh no telp na..,,, moga aj berguna

  10. aq gabisa tidur dari kecil……susah kayanya buat tidur,,,aq ga pernah tidur di bawah jam 12……..makan yang buat ngantuk udah ga ngaruh sama aq……

  11. Akhir akhir ini aq gak bisa tidur. Sampe mata jadi mata panda. Trus splusi yg paling akut untuk mengatasi insomnia selain tips di atas apalagi??? Adakah pengaruh buruk dari insomnia itu sendiri?? Thankyou…………

  12. ya gimana gak imsomnia lampunya ntar hidup ntAR MATI belum lagi mikirin hidup yang kadang bikin ismoniya ha ha ha

  13. Tapi terkadang imsomia itu terlalu berkepanjangan menyiksa,, kalo di bilang soal fisikis mungkin jga tapi terkadang bukan hal itu yang bikin kita itu imsomia,,, Gmana cih penyakit ini bisa pulih atau normallah,,,

  14. klo saya biasanya pake produk aromatherapy dr oriflame namany sweet dream mist harganya cocok buat anak muda, :D

  15. kalo tak bley tdo..
    saya bca doa jak…
    pasti Allah bg jwpn pa stiap prsoalan..
    yakin aja…

  16. Klo aku insomnia biasanya krna pacar aku selingkuh…..:’( dn rasanya sakit kadang sampe seminggu g bs tidur. Bg para insomnia kita bikin komunitas yu biar lbh brmanfaat, g usah d obati kita bikin kegiatan z, gmn brow,…? Klo brminat hub nmr 087444

  17. kalo sya mah emang ga bsa tidur di bwah jam 10 –”
    trus ga bisa bangun juga di bwah jam 7, pling ga bngun itu jam 9an.. ckck
    gmna cra mengurangi nya yaa ==”

  18. kaloo oll , sii ..
    ga’ bisa tdur d’atas jam 10 ..
    bangun ga’ bsa d,bawah jam 7 ..
    log bngun pzti bdan gaq enag ..
    gmana ngatasiinya

  19. saya ud 2 thun lbih susah tdr….
    Saya bisa paling cepet tdr jam 3 atw jam 4.
    klw bngun jam” 12 siang.
    Pngen bgttt tw cara ngatasin’a.
    Soal’a ud capek bgt kyk gni trus.

  20. Aku takut ! Knpa gw udh dua kali mengalami insomnia. Gara gara pacar gw krja jauh trus ada cowo yg merawanan dia smpe habis smuanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>