Kode Morse

Kode Morse diciptakan oleh Samuel F.B. Morse dan Alfred Vail pada tahun 1835. Kebanyakan orang taunya ini adalah sandi pramuka. Walau Sebenarnya itu memang benar apa adanya :)

Nah, Saya nggak tau apa ini ada gunanya nggak…Kan udah ada SMS. Kebetulan buka-buka buku pramuka tempoe dulu ( Zaman sekolah). Dan ketemu ini

Namun jangan disepelekan…

Karena ini benar-benar sangat berguna. Mengapa? Karena Jika suatu saat ada Koloni Allien Yang menyerang bumi dan seluruh sistem telekomunikasi kita hancur total. Maka satu-satunya cara berkomunikasi untuk serangan balik, ya lewat kode morse.

Maka dari itu sangat penting kita untuk mengetahui kode morse. Berikut daftarnya:

Abjad

Kode Morse

A

.-

B

-…

C

-.-.

D

-..

E

.

F

..-.

G

–.

H

….

I

..

J

.—

K

-.-

L

.-..

M

N

-.

O

P

.–.

Q

–.-

R

.-.

S

T

U

..-

V

…-

W

.–

X

-..-

Y

-.–

Z

–..

!

!

-….-

:

—…

?

..–..

,

–..–

.

.-.-.-

Lalu bagaimana menghapal dan menggunakannya?

Menghapalnya sih tergantung dari kemampuan otak anda. Tapi dulu saya pernah dengar dari SENIOR bahwa di kelompok-kelompokan. Nggak ngerti maskudnya dan dulu sebenarnya juga nggak begitu peduli

Untuk menggunakannya kita bisa ambil contoh peluit. Peniupan durasi pendek mewakili titik sedangkan panjang ya tentu saja mewakili garis.

Penggunaan kode morse dalam penyelamatan (SOS).

Di negara kita yaitu indonesia. Yang namanya bencana alam sudah menjadi kewajiban. Setiap hari ada aja gempa bumi, tanah longsor, bangunan runtuh dan sobat-sobatnya yang menghiasi lembaran kehidupan kita.

Mungkin suatu saat nanti, jika anda mengalami musibah seperti di atas dan terjebak dalam reruntuhan (dengan asumsi anda masih hidup dan sudah lelah berteriak minta tolong). Anda bisa mengetuk-ngetuk reruntuhannya dengan kode morse (… — …).

Dan tentu saja sambil berdoa ada orang yang sudi menolong anda :)

Komentar Kode Morse Lewat Facebook

Comments

  1. ali gundol says

    angel eram to pramukaa kuwi sakne bocah- boch sing sekolah sd melu pramuka lek sing ra apal sing penak to

Trackbacks