Lain-lain

Knowledge is Power

Jenis Huruf dalam Bahasa Jepang (Hiragana, katakana, kanji)

Oleh : Bintang Taufik,
Wednesday, July 8th, 2009
Jenis Huruf dalam Bahasa Jepang (Hiragana, katakana, kanji) Reviewed by Bintang Taufik on . Tentang Jenis Huruf dalam Bahasa Jepang (Hiragana, katakana, kanji) the

Bahasa jepang memiliki beberapa jenis huruf yaitu hiragana, katakana dan kanji. Tentu saja ke semua jenis huruf itu memiliki perbedaan dalam penggunaanya. Kalau nggak berbeda ngapain juga dikasih nama yang berbeda :D Berikut perbedaan fungsi dan penggunaan semua jenis huruf bahasa jepang tersebut : Huruf Hiragana dulunya digunakan oleh para wanita jepang (makanya bentuk tulisannya […]

Bahasa jepang memiliki beberapa jenis huruf yaitu hiragana, katakana dan kanji. Tentu saja ke semua jenis huruf itu memiliki perbedaan dalam penggunaanya. Kalau nggak berbeda ngapain juga dikasih nama yang berbeda :D

Berikut perbedaan fungsi dan penggunaan semua jenis huruf bahasa jepang tersebut :

Huruf Hiragana dulunya digunakan oleh para wanita jepang (makanya bentuk tulisannya halus). Sedangkan penggunaanya adalah untuk :

  • kata keterangan
  • Perkataan dimana kanjinya lama tidak digunakan atau bahkan sudah tidak diketahui
  • digunakan untuk situasi yang formal.

hiragana

Bersama kanji, dulu huruf katakana hanya digunakan oleh kamu lelaki (makanya bentuknya lurus-lurus).Digunakan untuk kata-kata yang berasal dari bahasa asing yang kemudian diserap menjadi bahasa jepang.

katakana

Sedangkan yang ketiga adalah huruf kanji, bentuknya mirip dengan huruf cina.. karena memang asalnya darisana. Dipakai untuk melambangkan konsep atau ide.

kanji

Selain itu ada juga huruf romaji yang merupakan sistem alihaksara.

Nah umpamanya sekarang anda sedang membutuhkan untuk menterjemahkan huruf indonesia menjadi huruf jepang. Berikut beberapa web service yang dapat melakukannya

  • http://translate.google.com/translate_t#
  • http://sukimania.ddo.jp/trans/trans_e.php
  • http://nihongo.j-talk.com/parser/

Sedangkan untuk software jenis huruf jepang anda bisa menggunakan.

  • Quick TransLation – Firefox plugin

Yang saya dengar menguasai bahasa jepang itu lebih mudah dari bahasa inggris. Karena pengejaannya hampir sama. Yang menjadi persoalan adalah jenis huruf. Mungkin untuk huruf hiragana dan katakana tidak masalah karena memang hanya berjumlah 46. Sedangkan untuk huruf kanji, konon katanya anda harus menghafal sampai 9000 untuk dapat membaca koran disana.

Komentar Lewat Facebook

59 thoughts on “Jenis Huruf dalam Bahasa Jepang (Hiragana, katakana, kanji)

  1. Kalau huruf kanji Korea ada daftarnya ngga ? Saya lagi tertarik mempelajari bhs Korea. Thank’s

  2. yg huruf kanjinya thu ad yg lngkp g? aq mw copy xoalnya. aq jg pgn ikt prtukaran pljr ksana, ad saran” bwat aq g?

  3. y elah q memwng suka bgt sma bahasa jpang krna asyik. q jga bercita2 krja dijepang.
    tpi rumit bhs jpang q jd tmbh bingung….

  4. Kanji wa taihen muzukashi de omoshiroi desu ne. Luar biasa, cara menulisnya ada aturannya, berdasarkan karakter. satu huruf kanji kalau digabung dengan yang lain menghasilkan arti yang lain.
    Saya suka belajar huruf kanji, tolong kasih saran bagaimana cara efektif agar cepat bisa mengingat dan menulis huruf kanji. Arigato gozaimasu

  5. kebetulan banget aku lagi banyak b9d nih tugas jepang dari sekolahan, jadi kebantu banget ..

    Thanks iia ..

  6. Huruf kanjinya khok cuma segitu?!
    Tambahin lagi dong!
    kalo ada orang yg mau ke Jepang, di suruh nulis hurufnya khan kurang…..

  7. ahh modar gw belajar bahasa jepang :(

    belajar katakana sama hiragana di skul aja udh mumet D:

    apalagi ntar kalo diajarin kanji. mamfus, mamfus gw :(

  8. domo arigato na….

    soredemo, huruf kanjinya yg lengkap juga yach…but afterall udah bagus kok, so aku mau belajar en ngafalin yg hiragana en katakana dulu.

    jaa mata ne

  9. kog gag ad artikel yang pake huruf jepang ceh???????????
    quw lagi cari artikel kyak gtu nie bwt tugas akhir scul……
    tolong cariin dong……
    tapi jgn trlalu panjang artikelnya…..
    arigatou………….

  10. Aaa….aku suka jepang, puengen bgt blajar bahasa n huruf jepang….. tapi aku bener2 lom ada guru… T_T

  11. Setelah aku pelajari perbedaan antara huruf2 Korea, Jepang dan China, menurut saya huruf Jepang dan China yang paling rumit dan butuh waktu yang lama untuk mempelajarinya.
    Tetapi untuk huruf Korea adalah yang paling sederhana dan sangat mudah dipelajari.
    Dan huruf2 Korea yang biasa disebut (Hangul/Hangeul) sekilas memang mirip dengan huruf Jepang atau China tetapi ternyata beda.
    Dengan kata lain :
    Kalau huruf Jepang dan China berasal dari huruf dasar yang sama (sumber yang sama), tetapi kalau huruf Korea punya bentuk dan susunan tersendiri dan tidak bersumber dari huruf yang biasa dipakai dalam tulisan Jepang atau China.

  12. waaa,seneng deh bisa belajar bhs jepang,belajar bhs jepang terus biar bisa ke jepangnya asli hehehe.

  13. q mw bljar bhsa jepang ne,
    dlam huruf hiragana n katakana …..
    coz’a q trtrik bnget ma bhsa tuch”

  14. kuq cma dikit huruf kanji’a … T.T
    Q pengen bljr bhs jepang ne …
    hiks … hiks …
    >.<

  15. b jepang
    watshi wa wandensu boa kabarmu???
    kabar loe gmana???
    hahahahah.
    bahasa cmapuran

  16. domo arigato gozaimasu..sensei..sekaalian dong kasih informasi bagaimana cara untuk bisa bekerja di jepang

  17. wah.. bahasa jepang !! :)
    saya selalu mendapat nilai 100 setiap kali sekkeng prites dan kaiwa ..
    guru bahasa jepang saya galak jadi gara-gara itu saya selalu termotivasi untuk belajar bahasa jepang ..
    bahasa jepang itu asik loh ..
    apalagi kalo udah nulis ato di kasih soal ..
    awal materi baru yang dia ajari emang susah ..
    tapi setelah kita tulis di buku pasti gampang ..
    ARIGATOU SENSEI AZIZAH :)

  18. hmm. web nya d tambah lagi ya.
    kalo bisa d tambah juga buat download software” hurufnya.
    arigatou. ^^

  19. arigatou gozaimasu

    atas semua infonya
    semoga q bisa basa jepang and bisa sekolah di sana ya
    amiiiiin

  20. widiarto hanasu:
    arigato gozaimasu… gambate kudasai
    gambaremas!!!!!!!
    watasi wa nihongo bengkyo ga suki desu…
    ja mata ne…
    domo arigato gozaimasu…

    i want go to japan but very hard to get the visa.. i don’t know why?
    maybe i so handsome..hahhaha, they r jeouleouuuuuuuuus..
    what u think?

  21. saya munguasai 6 bahasa saat ini indo,mandarin,inggris,arab,thailand dan jawa (wajib) huruf jawa kuno juga saya kuasai hehe dan saya sekarang tertarik bhs jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>