Informasi Penting

Knowledge is Power

Harga Mobil Suzuki Splash + Spesifikasi

Oleh : Bintang Taufik,
Thursday, November 25th, 2010
Harga Mobil Suzuki Splash + Spesifikasi Reviewed by Bintang Taufik on . Tentang Harga Mobil Suzuki Splash + Spesifikasi the

Untuk tipe mobil standar, harga Suzuki Splash ini dibanderol Rp 139 juta atau lebih murah sekitar Rp 10 juta dari Karimun Estilo. Sedangkan untuk harga tipe GL-nya dihargai Rp 145 juta. Kedua harga itu on the road untuk Jakarta, Indonesia. Jika dilihat dari samping, maka mobil ini hampir menyerupai Mercedes A-Class. Jika dari belakang, maka […]

Untuk tipe mobil standar, harga Suzuki Splash ini dibanderol Rp 139 juta atau lebih murah sekitar Rp 10 juta dari Karimun Estilo. Sedangkan untuk harga tipe GL-nya dihargai Rp 145 juta. Kedua harga itu on the road untuk Jakarta, Indonesia. Jika dilihat dari samping, maka mobil ini hampir menyerupai Mercedes A-Class. Jika dari belakang, maka desain lampunya yang berada di pilar C (mulai dari tengah ke atas) menyerupai Hyundai Atoz.

Suzuki sebenarnya mulai membuat Splash dimulai pada 2003. Pada waktu itu suzuki mengirim 10 teknisi ke Eropa untuk melakukan observasi. Pada 2006, kehadirannya dihadirkan dalam bentuk konsep yang dipajang pada Paris Motor Show. Tahun 2007  mobil ini tampil di Frankfurt Motor Show sebagai produk massal, dan pada 2009, Splash akhirnya diproduksi di India dan mulai dijual dengan harga yang bersaing.

Pada ruang interiornya terasa cukup lega dan mengingatkan kita pada mobil Suzuki jenis Karimun. Bagian dalam mobil ini bisa lega lantaran platform Splash diambil dari Suzuki Swift. posisi takometer berada di atas dasbor. Dan seluruh instrumen indikator terpusat berada di sisi penunjuk kecepatan. Tuas perseneling menyatu dengan konsol boks tengah dan hal ini menambah kesan elegan.

Splash memiliki tenaga bawah besar. Daya tarik terakhir adalah tenaga mesin. Mobil Mini MPV ini menggunakan mesin K12M DOHC 4 silinder segaris injeksi berkapasitas 1.197 cc. Dapur pacu ini berbahan aluminium. Walau begitu, posisi intake manifold masih konvensional (berada di dekat firewall).

Berikut spesifikasi lengkap suzuki splash yang dibanderol 139 juta untuk tipe standar dan 145 juta untuk tipe GL :

Panjang
3.715 mm
Lebar
1.680 mm
Tinggi
1.618 mm
Jarak Sumbu Roda
2.360 mm
Radius putar
4.700 mm
Mesin
K12M DOHC
Silinder
4, in-line
Jumlah katup
16
Tenaga Maks
10.0 : 1
Torsi Maks
85 PS @ 6.000 rpm
Kapasitas tangki
113 Nm @ 4.500 rpm
Setir
Electronic Power Steering
Suspensi     Depan
MacPherson Strut & Coil Spring
Belakang
Torsion Beam & Coil Spring
Rem Depan
Disc Brake
Belakang
Drum
Ban      Tipe Std
165/80R14 (steel)
Tipe GL
185/60R15 (alloy)

Dengan harga mobil splash antara 139 sampai 145 juta, Suzuki menargetkan 800 unit per bulan di Indonesia bisa tercapai. Apakah ini bisa terlaksana, kita tunggu saja sampai waktu yang menjawab.

Komentar Lewat Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>