Informasi Penting

Knowledge is Power

Hadist Tentang Kebersihan

Oleh : Bintang Taufik,
Wednesday, November 9th, 2011
Hadist Tentang Kebersihan Reviewed by Bintang Taufik on . Tentang Hadist Tentang Kebersihan the

Kebersihan adalah sebagian dari Iman dan ini sejalan dengan dunia Islam contohnya, ini tertuang di dalam Alquran dan Hadist sebagai pedoman hidup umat manusia. Pada kali ini anda bisa menemukan berbagai hadist tentang kesehatan dan betapa pentingnya untuk dilakukan. Hadist ini bisa kamu gunakan untuk referensi agama atau anda sisipkan dalam pidato kebersihan di lingkungan […]

Kebersihan adalah sebagian dari Iman dan ini sejalan dengan dunia Islam contohnya, ini tertuang di dalam Alquran dan Hadist sebagai pedoman hidup umat manusia. Pada kali ini anda bisa menemukan berbagai hadist tentang kesehatan dan betapa pentingnya untuk dilakukan.

Hadist ini bisa kamu gunakan untuk referensi agama atau anda sisipkan dalam pidato kebersihan di lingkungan sekolah kamu. Atau bisa gunakan untuk nasihat kepada orang yang tidak mau menjaga kebersihan bahkan untuk dirinya sendiri.

Kumpulan Hadist Kebersihan

 

Hadist pertama :

Dari Aisyah r.a, Rosululloh SAW bersabda : Islam itu agama yang bersih, maka hendaknya kamu menjadi orang yang bersih, sesungguhnya tidak akan masuk surga kecuali orang-orang yang bersih (H.R.Tobroni)

Kebersihan dicintai Allah

Yang diriwatkan dalam hadist yang artinya : ” Sesungguhnya Allah SWT baik, Dia menyukai kebaikan. Allah itu bersih, Dia menyukai kebersihan. Allah itu mulia, Dia menyukai kemuliaan. Allah itu dermawan, Dia menyukai kedermawaan, Maka bersihkanlah olehmu perabotmu dan janganlah kalian menyerupai orang yahudi “.

Hadist Membersihkan gigi

Dari Ali bin Abi Thalib RA berkata telah bersabda Rasulullah SAW: Kalau seandainya tidak akan merepotkan ummatku, maka aku akan perintahkan kepada mereka membersihkan gigi pada setiap wudhu (HR Thabrani). Dari Abi Huraerah RA ‘sesungguhnya Rasulullah SAW telah bersabda : Seandainya tidak akan merepotkan ummatku, maka aku akan perintahkan kepada mereka untuk membersihkan gigi pada setiap akan shalat. (HR Bukhari dan Muslim).

Hadist Tentang bersih sebelum tidur

Tidak ada seorang Muslim yang tidur dalam keadaan sucit/bersih kemudian ia bangun (shalat malam) memohon kepada. Allah akan kebaikan di dunia dan di akhirat. kecuali Allah memberikannya kepada orang tersebut (HR Abu Dawud). Nabi mewariskan doa untuk selalu bersih Ya Allah bersihkanlah aku dengan salju dan embun dan dengan air yang sejuk (HR Muslim).

Hadist Tentang membersihkan badan

Bersihkanlah badan. maka Allah akan membersihkan kamu. Maka sesungguhnya tidak ada seorang ‘abdi (muslim) yang tidur dalam keadaan bersih/suci kecuali tidur bersamanya, pada rambut-rambutnya, malaikat yang tidak ada henti-hentinya mendoa. Ya Allah ampunilah, abdimu ini karena sesungguhnya ia tidur dalam keadaan suci/bersih. (HR Thabrani, Ibnu Hibban).

Hadist Membersihkan tangan setelah tidur

Dari Abi Huraerah, Rasul bersabda: Apabila salah seorang di antaramu bangun dari tidur, maka janganlah ia memasukkan tangannya kepada wadah (yang ada makanannya) sebelum ia mencucinya tiga kali. Maka sesungguhnya ia tidak tahu ke mana tangannya itu pada waktu ia tidur(Muttafaqun ‘alaihi).

Hadist Perintah membersihkan air kencing

Dari Anas RA berkata, telah bersabda Rasulullah SAW Bersihkanlah (sesuatu) dari air kencing. Karena umumnya azab kubur karena urusan buang air (HR Daruquthni).

Hadist Tentang membersihkan masjid

Dari A’isyah RA berkata : Rasulullah SAW telah memerintahkan kepada kami untuk membangun masjid di tempat-tempat tinggal dan agar selalu dibersihkan serta diberi wangi-wangian. (HR Ahmad, Tirmidzi, lbn Majah dan Abu Dawud).

Hadist yang menyatakan kebersihan itu sebagian dari iman

Membaca Al-hamdulillah itu memenuhi timbangan amal, membaca Subhanallah Walhamdulillah itu memenuhi ruangan antara langit dan bumi, sholat itu merupakan cahaya, sedekah merupakan bukti keimanan, sabar itu merupakan sinar, dan Al-qur’an itu merupakan hujjah ( alasan yang membenarkan atau menyalahkan ) bagi kamu atas kamu. Setiap manusia pada waktu pagi memperjualbelikan dirinya ( kepada Allah SWT atau kepada syetan ), Ada kalanya ia beruntung dan ada kalanya ia rugi. “

Itulah semua berbagai hadist yang menerangkan akan pentingnya kebersihan dalam hidup ini. Karenag keterbatasan tenaga tentu masih ada hadist yang lain. Jika anda merasa anda hadist lain yang menjelaskan tentang kebersihan, mohon untuk memberitahu..supaya pengetahuan kita dalam dunia Islam semakin bertambah.

Komentar Lewat Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>