lazada.co.id

kesehatan

Knowledge is Power

Gejala Kanker Otak dan Ciri-cirinya

Oleh : Bintang Taufik,
Monday, April 23rd, 2012
Gejala Kanker Otak dan Ciri-cirinya Reviewed by Bintang Taufik on . Tentang Gejala Kanker Otak dan Ciri-cirinya the

Otak manusia dapat terkena tumor dan kanker. Ada beberapa gejala maupun ciri-ciri dari penyakit ini. Tapi sama seperti kanker yang lainnya penyebab pasti belum diketahui, Namun jelas tidak menular. Jadi tidak perlu taku jika tertular. Yang pasti jika terkena sebaiknya langsung pergi ke rumah sakit dan konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan diagnosa yang tepat serta mendapatkan […]

Otak manusia dapat terkena tumor dan kanker. Ada beberapa gejala maupun ciri-ciri dari penyakit ini. Tapi sama seperti kanker yang lainnya penyebab pasti belum diketahui, Namun jelas tidak menular. Jadi tidak perlu taku jika tertular. Yang pasti jika terkena sebaiknya langsung pergi ke rumah sakit dan konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan diagnosa yang tepat serta mendapatkan pengobatan yang memadai.

Lalu bagaimana ciri-ciri dari penyakit ini, apakah bisa di deteksi lebih dini, mari kita simak!!
Kanker otak dapat mempunyai berbagai gejala misalkan saja dari sakit kepala sampai stroke. Seperti kita tahu otak memiliki beberapa bagian yang berbeda-beda dimana juga mengontrol fungsi yang berbeda, sehingga ciri-ciri kanker ini bisa sangat bervariasi tergantung terjadinya pada bagian yang mana. Tumor otak merupakan mimic menakutkan dari gangguan-gangguan neurologis lainnya, dan banyak gejala umum dapat mengindikasikan kondisi medis lainnya. Jadi sangatlah sulit jika kita mendeteksi secara dini

Sakit kepala mungkin bisa dikatakan adalah gejala paling umum dari kanker otak, kebanyakan orang yang menderitanya kemungkinan juga tidak memiliki tumor. Namun, beberapa jenis sakit kepala sangat mengkhawatirkan. Sakit kepala persisten yang berhubungan dengan mual atau muntah, atau sakit kepala disertai dengan pandangan kabur, Sakit kepala berat yang cenderung memburuk di pagi hari, , kelemahan, atau mati rasa (baal), mungkin bisa mengarah ke kanker

Gejala-gejala kanker otak dapat meliputi, antara lain:

  • sebuah serangan kejang (baru) pada orang dewasa
  • pandangan kabur, terutama jika dikaitkan dengan sakit kepala
  • gangguan pendengaran dengan atau tanpa pusing
  • kehilangan kemampuan bicara secara bertahap
  • hilangnya gerakan atau sensasi pada lengan atau kaki secara bertahap
  • mudah goyah/ hilang keseimbangan, terutama jika dikaitkan dengan sakit kepala
  • kehilangan penglihatan di salah satu atau kedua belah mata, terutama yang bersifat lebih peripheral.

Tanda tanda lainnya yang mungkin, bisa termasuk mual atau muntah yang memburuk pada pagi hari, kehilangan memori (pikun), kebingungan dan disorientasi dsb.

Cara terbaik untuk mengetahui apakah otak kita terkena kanker adalah dengan melakukan scan (MRI, CT scan atau PET scan). Tentu ini hanya bisa dilakukan di rumah sakit yang memiliki fasilitas tersebut. Tapi secara umum ciri-ciri bisa anda lihat pada bagian bawah ini:

Komentar Lewat Facebook

61 thoughts on “Gejala Kanker Otak dan Ciri-cirinya

  1. Saya sering di pagi hr pusing mual dan sakit kepala berat dan susah bergerak suka keluar darah dari hidung

  2. saya sering merasakan beberapa gejala seperti di atas danpernah melakukan satu kali scan dan hasilya masih normal. namun sampai sekarang gejala itu semakin menjadi. apakah perlu periksa ulang?

  3. saya juga sering merasakan gejala seperti diatas,dan sudah pernah operasi kepala bagian otak kecil,dan pernah melakukan citi scan,MRI (sebelum dan setelah operas).setelah operasi tangan saya menjadi lemah,dan sering kesemutan kalau bangun pagi. apakah itu termasuk kanker otak karena dokter bilang saya terkena hernia otak,karena sebelumnya saya didiagnosa tumor otak?

  4. saya sering sakit kepala dan kadang kapala saya sebelah denyut dan pandangan kabur apakah itu penyakit kangker otak kadang saya pun tidak tahan

  5. tanya y.. ak sering ngalamin sakit kpla d bagian blakang nd tau* sakit ny menjalar ksmua bgian kpla. trkdang klo lihat tau* mata trasa buta. smua hitam bhkan kya g bs lihat.
    kuping juga berdenging sendiri.. berbicara kdang susah buat mnyampaikanny.. susah buat bicara 1 kata malah jd ny ak diam.
    miring k arah kanan or kiri saat tiduran rasany ak jatuh.. bhakn saat miring lalu terlentang pun sprti atap udh ada depan mata ku.
    saat bdri pun kdang goyah.. g bsa tegak. brdri lama* pasti kringat dingin dan mata udh g fokus.
    tangan pun suka dingin dan ksemutan bhakn brasa ksetrum.
    ak udh priksa k dokter spesialis syraf.
    bilangnya klo g ad pnympitan pmbluh darah, vertigo, klo g y kanker.
    jadi apa yg terjadi sama ak ini ???

  6. saya sering mengalami sakit kepala yang hebat, kadang kalo saking capeknya karna kegiatan keluar darah dari hidung, ketika sisiran rambut saya rontok banyak. tapi saya belum coba untuk periksa. apakah gejala-gejala kanker otak seperti itu?

  7. SAYA JUGA SERING SEKALI MERASAKAN GEJALA SEPERTI ITU,TAPI YANG INGIN SAYA TANYAKAN ADALAH.APAKAH ADA OBAT YANG KEMUNGKINAN BISA MENYEMBUHKAN PENYAKIT KANKER OTAK INI???…

  8. Pagi ini saya merasakan sakit kepalla yang ammmat sakit..sampai saya ti dak bisa menahan nya lagi

  9. Saya mau tanya
    saya sering mengalami pusing yg berlebihan dan rasa nya itu sakit banget bahkan saya smpai nangis nahan rasa sakit itu dan saya pelupa
    . Apa itu termasuk gejala kanker otak

  10. saya sering sakit kepala, terasa nyeri, merasa mual, fisik lemah, rambut rontok, mata juga sudah mulai terganggu,pengingatan juga sudah melemah…
    apa itu termasuk gejala kanker otak…?????

  11. saya sering mengalami sebagian tanda-tanda yang disebutkan diatas, apa yang harus aku lakukan ??
    trimakasih

  12. kalo sering mimisan sejak kecil sampai umur 15 thun/usia remaja, apakah tu ciri2 kanker otak ??

  13. saya sering mengalami sakit kepala yang berat , kadang penglihatan saya kabur saat saya sedaNG MEMBaca dan menunduk kebawah, sering juga darah keluar dari hidung di saat bangun tidur . apakah itu termasuk penyakit kanker otak?

  14. saya sering mengalami gejala seperti yang di atas
    saya juga sering pusing dan pandangan kabur kalau seringnya di pagi hari kalo seperti ini gajala apa ya?

  15. sya ingn bertanya. . .kepala saya sering btl skt nyeri btl apkh itu termsk gjla kanker otk

  16. Saya mengidap kanker otak stadium 2…
    Apakah saya masih bisa hidup untuk 5 tahun kedepan??

  17. saya sering kena penyakit kepala,namun malah makin sakit,bukan sehat apa yang saya hrus lakukan,setiap saya minum sakit kepala tersebut hilang,terus udah 20 menitan kambuh lagi? apa yang harus saya lakukan??

  18. saya baca,katanya sarang semut bisa mengobati kanker dan tumor otak,,coba di searching,saya sendiri jg mengalami gejala tersebut,dan belum berani cek

  19. sy cewe berusia 20 tahun sy sering mengalami sakit kepala hampir setiap hari,mata sy mulai sakit ,sering berair,dan terkadang kabur,badan sy sering sakit ,tulang punggug sy selalu kaku dan linu,saya terkadang lupa n bingug, apa sy menderita penyakit yang berhubungan dengan kanker otak

  20. saya juga sering skit kepala, sampai mata terasa sangat skit, fisik lemah, rambut sering rontok. Apakah itu kanker otak ?

  21. saya sering merasakan gejala-gejala seperti yang di sebutkan di atas namun hanya kejang yang belum pernah saya rsakan.bahkan saya merasakannya sudah mulay dari 6tahun lalu,namun ktika saya mulay merasa tubuh saya semakin melemah saya pingsan.apakah ini saya mengidap kanker otak???
    namun saya belum pernah memberanikan untuk periksa karna saya takut.

  22. Saya masih umur 14 thn , gejala yang ada di atas selalu saya alami
    Bahkan saya tak dapat menahannya , bahkan seringkali saya pingsan
    Emosional saya sering sekali tidak terkendali jika saya memiliki masalah
    Jika kepala di turunkan kebawah saya selalu akan jatuh dan wajah saya selalu kelihatan pucat saya tak boleh terlalu banyak beraktivitas, apa anda tau gejala penyakit apa yang saya alami ?

  23. Saya sering merasakan nyeri d bagian kepala dan disertai demam di malam hari, apakah itu salah satu ciri dari kanker?

  24. z sering mngalami kerontokan rambut. bahkn kulit kepala sbgian sdh hmpir trliht.bhkan prnh d’ pagi hri z hax mxisir rambut dgn jari tangn rambut z baxk yg ikut.sakit kpalapun trkadng mxerang, tp trkdang hx sbelah ! ap it jg gejala kanker otak ?!

  25. aq sering bhkn hmpir tiap hri mrskn skt kpla yg sgt luar biasa di bagian kiri v aq gg tau itu kanker atau bukn ..
    v yg jlz qlw skt itu muncul rsa’y kepala ini berat bgt .

  26. saya sering pusing ketika bangun tidur,
    sering mual, dan ketika sudah terbangun sulit tidur lagi
    pendengaran saya agak terganggu, tapi anehnya penglihatan saya masih bagus
    saya dulu pernah terbentur tembok bebrapa kali, awalnyaa mungkin sedikit sakit, tapii lama kelamaan hilang,
    dan dulu waktuu kecil, sayaa sempett kejedot jugak, adaa perdarahan diotak, cumaa seinget sayaa kata dokter gapapaa..
    apakah sayaa haruss memeriksakan nya?

  27. saya juga mrsakan gejala sama persis diatas, tp klau tentang pandangan kabur itu tdk, . yg saya tnyakan apakah ada cara pencegahanya, misalnya dgn mngkomsumsi sesuatu agar rasa itu sdikit bisa berkurang, mksh

  28. kepala bagian tenggah agak bengkak,dblakang nya malah agak cekung.dan urat di leher saya seblah kanan sering bngkak,rambut rontok,tanggan suka kesemutan dan telapak kaki saya suka nyeri.saya juga pelupa dan emosi suka gak stabil,pa itu ciri” kanker otak? Saya blm periksa ke dokter.

  29. mau tanya dong beberapa bulan ini kepala saya sering banget sakit melebihi sakit kepela udah gitu di sertai denagn pandangan buyaar dan g bisa nahan emosi , perilaku saya juga akhir-akhir ini berubah jadi semakin males da lemes kayanya badan ini udah gg bisa di kontrol lagi .. kalo sedang cape saya juga merasa pusing dan mual ,rambut saya juga sering rotok yang gg wajar padahal semua jenis sampo udah di coba tapi tetep aja rontok lagi..
    apa itu salah satu dari ciri-ciri kanker otak ?
    tolong di bales ya soalnya saya gg mau seperti ini terus ..

  30. Sya masi umur 17 thun , kluhan saya skit kpla yg berlebihan , tpi sebelh kiri sja sama pandangan mata sebelah kiri nyeri , tangan kiri sering kram , kalo kena ppanas yg berlebihan pusingnya kambuh , sring mimisan jga ?? Apa itu penderita kanker otak ?? Tpi sya prnh CT SCAN dan ktanya dokter normal ?? Apa sya hrus prksa lagi ??

  31. saya sering sakit kepala,pagi hari juga. mual dan rasa ingin muntah, apa itu efek dari asam lambung saya atau lebih dari asam lambung?
    mata memang rabun, tapi sekarang sepertinya tambah rabun. migrain jg sering menyerang. ketika fokus sedikit tentang tugas kuliah sakit tu pun muncul. dokter bilang itu asamlambung saya. tetapi saya tidak begitu merasakan sakit di lambung.. mohon jwabannya

  32. sebelumnya saya mau tanya tetangga saya kondisinya tidak sadar , komunikasi tidak bisa, tensi 140/90 mmHg, kadar gula 106 mgdl, asam urat 3.0, pemeriksaan yang lain belum ada. untuk saat ini kondisi tetangga saya di infus di rumah langka apa yang terbaik buat tetangga saya bisa aku bantu. karena tetangga saya tidak memungkinkan untuk di bawa ke rumah sakit, apabila saya minta bantu pada tenaga medis apa yang lazim di lakukan oleh tenaga medis itu. mohon jawabannya terima kasih

  33. sudah 2 minggu lebih saya mengalami yang namanya sakit kepala,saya sudah periksa ke dokter tapi katanya hanya ada ketegangan di urat syaraf.tiap kali saya menyisir rambut juga selalu rontok, dan rontok nya tidak sedikit.
    apakah itu termasuk ciri-ciri dari kanker atau tumor otak???

  34. Nama saya zarah umur saya 18,keluhan saya saat ini.dok kenapa setiap hari saya selalu merasakan sakit kepala yangg amat sakit terkadang saya merasa fit tapi kepala saya selalu berat dn sakit ϑι bagian belakang kepala saya.dok saya ingin taugejala apa apa itu.karna dlulu saya pernah mempunyai penyakit ϑι otak saya ϑι karnaka kecelakan

  35. ass. mau tanya donkk pacar saya ada beerapa tanda tanda mirip di atas tpi dia saat emosi saja langsung kpalanya skit bagian belakanynya sakittt bgttt, tlinganya juga tidak mendengar apa2 kaya orang budeg trus darahnya keluar dri hdung (mimisan), dan diya juga orangnya pelupa, tpi itu terjadi saat emosi sajah,,,,,apaka diya terkena pnyakit kangker otakkk tolonggg baleessss yaccch pnting bgt neh kalo kena aku akan paksa diya periksa ke dokter,,,,,

  36. mau kasih info yang terkena penyakit kangker ada obatnya kok,,,,,teman saya juga udah stadium 4 malah udah di fonis umurnya 3 bulan lagui tpisekrang diya dah turun mnjadi stadium 3, bahkan temen dsaya sampe udah punya anak 3 sekrangnya,,,,obatnya ada pada diri kita sendiri dan tuhan kita,,,,selain berusaha di dunia dngan bntuan obat dn dokter, terapi, kita tawakal sama tuhannn juga “bagi orang islam yng msih kamu dan ibu atau keluarga bacalah surat yasin 40 kali setelah solat wajibb dan

  37. lanjutan,,,,
    bertawakal sama allah , lakukan puasa senin kamiss juga,,,,iinsya allah ada keajaiban dari allah seperti tema saya ,,,,turu ke stadium 3 dan MASI HIDUP SAMPE SEKARANG

  38. Kepala saya sering sakit,kadang kehilangan penglihatan dikedua mata agak sedikit buram,sering keram dikepala,lengan tangan,kaki,pusing berkepanjangan,pandangan kabur,dada sesak sakit seperti dicekik,telinga sakit kaya ditusuk jarum kecil,apa smua ciri” itu ud positif kangker otak??bukan kan”??
    Tolong dijawab..??penting”!!!
    Cara pengobatan’a apa Αϑα cara lain selain oprasi & kemotherapi,,??
    Keseringan makan obat penahan sakit apa Αϑα efek sampingnya,??

  39. setiap hari saya merasakan sakit kepala sampai – sampai saya tidak bisa melakukan aktivitas saya dalam sehari .

  40. kalau bangun tidur kepalaku sering banget pusing sampai panas rasanya, kalau pagi juga sering pusing, mual tapi tdak sampai muntah ..
    terkadang mata untuk melihat wajah orang lain pun susah, daya ingat juga melemah ..
    apa benar itu kanker otak ?

  41. dalam sebulan sya bs 3 kali pusing,tp pandangan sya tdk kabur..tp skrg2 sya merasakan sakit dibgian kepala belakang,ada rasa mual..badan sya terasa lemas & pendengaran sblh kiri sya sdkt berdenging apa itu trmasuk gejala2nya,mohon penjelasannya.. Mksh

  42. Saya sering sakit kepala saat mendengar lagu memakai earphone apa kah mendengar lagu memakai earphone bisa menyebabkan kanker otak ??

  43. Saya pernah merasakan semua gejala tersebut tapi saya tidak pernah muntah secara mendadak atau hampir tidak pernah. Saya tidak pernah periksa, Apakah saya perlu periksa?

  44. saya sering sakit kepala di pagi hari di + muntah2, penglihatan saya juga terkadang kabur pada mata kiri atau mata kanan tapi tidak bersamaan, rambut saya juga rontok. apakah itu gejalah kanker otak atau bukan, terima kasih :)

  45. Akhir2 nie saya sering mrasakan pusing yg luar biasa dbgian blakang,leher saya terasa sangat kaku dan nyeri dan saya pun sering mual,mata terasa buram telinga krg pndengaran. .Pakah sya trkna kanker otak?Saya gbrani wat periksa tkt gbsa terima kenyataan.

  46. saya sering ngalami cri2 d.atas . tapi sakit kpala a hnya muncul bbrapa menit saja . stlah itu ilang . tp gak lama kmudian sakit lg . dan ktika pagi hari , saya jgak sring pusing n mata kabur bhkan lemes . apa itu gejala kanker jgak

  47. sy merasakan sama dgn apa yg sudah dijelaskan diatas
    tp tak apalah itu semua urusan tuhan sy pasrah aja.
    to sy juga ngak mampu untuk berobat.

  48. Saya sering mengalami kejadian di atas hanya saja saya belum pernah kejang2, tp kalo capeek sering banget, kerja dikit suka bikin lemas naik tangga trus turun tangga bikin sayaa lemees banget, daya ingat dan pendengaran saya sedikit terganggu, dan kaki dan tangan saya juga pernah mati rasa tak bisa di gerakkan sama sekali, saya sering sempoyong, saya blm brani periksa/konsultasi saya takut blg ke orangtua

  49. Saya kalau bangun tidur pagi sering sakit kepala dan kalau pulang sekolah juga sakit kepala yang amat berat
    itu penyakit atau sakit kepala biasa ?

  50. untuk nunk…. adik saya hampir setiap minggu puasa senin-kamis, dia kena tumor otak, sejak usia 10 tahun,(pada waktu itu dokter memvonis dia hanya akan bertahan paling lama 2 tahun), tapi dia bisa bertahan sampai sekarang usianya 31 tahun, dia membawa berkah Allah tersebut selama 21 tahun. Tapi level stadium itu tidak pernah turun pada akhir thn 2012, berkah itu semakin bertambah, dia sering pingsan (1 hari sampai 5 x), dan akhirnya dia tidak bisa berpuasa lagi (untuk senin – kamis), karena dia sudah tidak bisa lagi…. kami semua sudah pasrah kepada Allah…. karena setiap dokter yang kami datangi hanya menjawab ini adalah mukzijat Allah (untuk bisa hidup selama 21 tahun dengan tumor di otak) Untuk teman2 semua yg terkena kanker otak, saya hanya bisa mengatakan janglah berputus asa…. karena tuhan itu ada….

  51. saya sering mengalami rasa sakit yang luar biasa d bagian kepala sebelah kiri,merasa pusing, penglihatan tiba* kabur, dan rambut saya rontoknya berlebihan. saya takut hal itu adalah gejala kanker. yg saya tanyakan apa ada obat untuk mencegahnya. trims

  52. udah hmpiir 2 bulan aku ngrasaiin sakiit kpLa,,
    aku takut kalo aku terkena kangker,, tapi aku ga pernah mual2, terkadang cuma ngrasa kesemutan d kaki,,
    aku udah konsultasi k’dokter, dy nyaranin aku buat ronsen, tpi aku blum nglakuin itu, karna aku takuut,, :(

  53. Saya mau bertanya,kepala saya klo sdh sakit samapi ruku dan itidal ga kuat rasanya spt berat dan menyakitkan sekali,apakah itu sebagian tanda dari kanker otak atau penyempitan pembuluh darah,karna efek dari sakit tsbt jg sy rasakan spt ksemutan,demam meningkat,tangan brkringat berlebihan karna sesudah keadaan tersebut badan terasa letih kaki dan tangan lemas dan kesemutan.

  54. hey teman_teman semua yang mencantumkan komentar kalian soal penyakit kanker otak kalian, jangan putus asa dan berjuang terus jangan mau kalah seperti saya yang sekarang sudah mengidap kanker otak stadium 4, mungkin hidup saya gak akan lama lagi. Jadi untuk kalian jangan mudah putus asa yah semangat trus allah akan memberikan kesehatan untuk kalian, amin …

  55. tolong tanggapannya ya

    sya brumur 19 th , tiap hari saya sllu merasakan sakit kepala d bag belakang smp ke leher , cma sebelah , rasanya sakit bgt , perih , perut mual , tiap hari saya sllu bergantung pada obat ( obat warung ) dlm satu hari 2 mak 2 obat yg saya konsumsi .. kalau tidak minum obat sakit nya akan terus menerus .. bgitu juga kalo reaksi obatnya habis pasti sakit lg rasanya sakit itu gakda berhentinya ,, saya lelah karna ini mengganggu aktivitas saya .. kalo gak minum obat sakitnya luarbiasa smp gak konsentrasi , kepala saya seperti menggumpal keras dan berdenyut2 . tolong tanggapanya saya harus bgmna :-( , perut saya pun sakit dan seperti kembung karena terus menerus menggunakan obat warungg ..

  56. Terkadang si kepala suka sakit , pandangan kabur , kuping tbtb mendengung , kehilangan keseimbangan.
    Itu artinya apa ya .
    Mau konsultasi ke dokter tapi gasempet

  57. saya sering merasakan skit kpla..mlahan hmpir setiap hari.. saya sering lpa,dan bingung.. apabla skit kplany dtang saya mrasakan pusing,mual,pandangan kbur.. apakah ini gjala dri kanker otak????>?

  58. saya sudah 1 tahun sakit kepala bagian belakang,mata tersa panas kliyengan dan bawaanya emosi trs…apalagi bila marah semakin terasa sakit dan gemetar dan lemas,sudah melakukan scan ,kata dokter hsilnya gak pa2….sampai sekarang saya setiap hari masih merasakan begitu trs…untuk berpikir konsen mesti sakit ,jd saya gak mau mikir terlalu…kepala bagian belakjang terasa panas trs….apa yg hrs saya lakukan ya…sedangkan dokter ahli neurolog angkat tangan kalau keluhan saya tidak ada kelainan….tlng di bls….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>