Pantun

Knowledge is Power

Contoh Pantun Anak-Anak

Oleh : Bintang Taufik,
Saturday, May 12th, 2012
Contoh Pantun Anak-Anak Reviewed by Bintang Taufik on . Tentang Contoh Pantun Anak-Anak the

Kumpulan dari berbagai contoh untuk pantun usia anak-anak baik nasehat dan teka-teki. Disini koleksi blog bintang sangatlah lengkap sekali. Jadi jika mau mencari pantun memang sebaiknya mencarinya disini, selain karena blognya keren yang punya juga ganteng baik hati dan suka menabung. Jadi nggak perlu lagi deh mencari ke tempat lainnya, bisa nyasar nantinya. Memang sih […]

Kumpulan dari berbagai contoh untuk pantun usia anak-anak baik nasehat dan teka-teki. Disini koleksi blog bintang sangatlah lengkap sekali. Jadi jika mau mencari pantun memang sebaiknya mencarinya disini, selain karena blognya keren yang punya juga ganteng baik hati dan suka menabung. Jadi nggak perlu lagi deh mencari ke tempat lainnya, bisa nyasar nantinya.

Memang sih sepanjang sejarah blogbintang[dot]com biasanya hanya menuliskan puisi yang sudah dewasa saja, contohnya yang paling terkenal adalah pantun romantis, gombal dan tentunya cinta sejati. Lalu kok sekarang tiba-tiba, ujug-ujug dan tanpa pemberitahuan, mas bintang menuliskan pantun anak-anak? Apakah mas bintang sedang punya anak? nggak kok ane masih bujangan ting-ting. Ane nulis soalnya banyak yang nyari aja…..

Baiklah sudah cukup berbincang lebar tanpa arah dan tanpa tujuan. Langsung saja deh blogbintang tunjukkan koleksi dari contoh pantun anak-anak yang berisi nasehat dan sedikit teka-teki tentang kehidupan fana ini :

Tanam padi di tengah sawah
Sawah subur selalu basah
Pagi hari pergi sekolah
Sore hari ke madrasah
Burung dara indah warnanya
Burung perkutut indah bersuara
Ayah bunda harum namanya
Anakku sayang sering juara

Pagi pagi ayam berkokok
Ayam berkokok diatas papan
Anak kecil jangan merokok
Pikirkanlah masa depan
Buah duku dari Palembang
Buah anggur dari bosnia
Baca buku janganlah jarang
Sebab buku jendela dunia

Ke kota Medan membeli ulos
Beli ulos penuh bergambar
Rajin sekolah jangan membolos
Jika membolos tak jadi pintar
Pergi ke Aceh membawa gitar
Singgah ke Medan membeli ulos
Jika ingin jadi anak pintar
Rajin belajar jangan suka bolos

Gimana keren kan contoh pantunnya, kalau masih kurang juga tenang aja. Masih banyak lagi macam-macam kata yang akan kami berikan kepada saudara dan saudari disini :

Suara burung indah berirama

suara anjing gonggong menggonggong

Saling memberi saling menerima

Saling bantu tolong menolong

——————————————-

Pergi ke Aceh membawa gitar

Singgah ke Medan membeli ulos

Jika ingin jadi anak pintar

Rajin belajar jangan suka bolos

——————————————-

Ada sisir monyet berkaca

Ada kuda mirip keledai

Rajin menulis rajin membaca

Itu pertanda anak yang pandai

——————————————-

 

Tanam padi di tengah sawah

Sawah subur selalu basah

Pagi hari pergi sekolah

Sore hari ke madrasah

——————————————-

Saya ingin makan tomat

tomat dimakan kaya manfaat

Saya ingin mencari sahabat

agar hidup punya manfaat

——————————————-

Pergi kekali seorang diri

Bersihkan diri sambil berenang

Jika kamu mampu mandiri

Mama pasti merasa senang

——————————————-

Pagi pagi ayam berkokok

Ayam berkokok diatas papan

Anak kecil jangan merokok

Pikirkanlah masa depan

——————————————-

Kepada rumput pergi berburu

Pergi berburu bersama teman

Anak baik hormati guru

Itu namanya murid budiman

——————————————-

Gimana gan masih banyak lagi kok pantun anak-anak yang dimiliki oleh blogbintang.com. Silahkan aja lihat kumpulan dari contoh dibawah ini. Hebat banget ya ternyata blogbintang…. he he

——————————————-

Tinta hitam untuk menulis

Pensil warna untuk melukis

Ilmu itu tak pernah habis

Turun temurun ke ahli waris

——————————————-

Kertas putih untuk ditulis

Benang putih dibuat katun

Jika orang suka menulis

Sampai tua tak akan pikun

——————————————-

Ada jarum dan juga peniti

Jangan ditusuk pastilah sakit

Sesama teman jangan berkelahi

Tak ada guna badanpun sakit

——————————————-

Ke kota Medan membeli ulos

Beli ulos penuh bergambar

Rajin sekolah jangan membolos

Jika membolos tak jadi pintar

——————————————-

Buah duku dari Palembang

Buah anggur dari bosnia

Baca buku janganlah jarang

Sebab buku jendela dunia

——————————————-

Pohon jati kuat kayunya

Pohon nyiur tinggi batangnya

Murid rajin banyak ilmunya

Murid malas banyak bohongnya

——————————————-

Pergi kepasar membeli pita

Pita dibeli dua helai saja

Jika ingin raih cita cita

Sejak muda tekun bekerja

——————————————-

Tanah tandus penuh batu

Tanah subur selalu gembur

Jika orang banyak berilmu

Sehat makmur sepanjang umur

——————————————-

Oh ya untuk teka-tekinya, adik-adik silahkan kunjungi halaman pantun teka-teki untuk mendapatkan informasi lebih lengkap lagi

Gimana? Banyak banget kan kumpulan contoh yang dimiliki blogbintang.com? Nah bagi adik-adik yang memiliki pantun anak-anak atau orang dewasa juga nggak apa-apa. Silahkan kirimkan saja karya anda disini untuk menambah koleksi blogbintang supaya lebih macam-macam atau lebih banyak lagi. Ditunggu ya karyanya…

Komentar Lewat Facebook

28 thoughts on “Contoh Pantun Anak-Anak

  1. pergi ke pasar membeli gitar
    membeli gitar di toko depan
    rajin-rajinlah belajar
    agar bermanfaat bagi masa depan

  2. kucing manis berbulu legam,
    lebih hitam dari jelaga.
    budaya kita sunggu beragam,
    mari kita bersama jaga.

  3. Pergi ke toko bersama kenichi
    Hingga sebentar membelibuku
    Wahay engga gudaan hati
    Jgan lha meninggalkan ku

    ..#hehehehe

  4. Cempedak di luar pagar
    Tarik galah tolong jolokkan
    Saya budak baru belajar
    Kalau salah tolong di tunjukkan

    Merpati terbang ke jalan
    Ikan berlanak makan karang
    Bunda mati, bapak berjalan
    Melarat anak tinggal seorang

  5. jeruk purut masak didahan
    batang selasih condong uratnya
    oii jeruk purut enggak boleh dimakan
    nanti sakit perut enggak ada obatnya

  6. kepasar membeli bubur
    bertemu anak bernama Delma
    negara kita sangat subur
    jika kita jaga bersama

    kancil pintar kata ibunya
    ia pun sedih rumahnya digeledah
    pantunku pantun sederhana
    untuk mnghibur hati yg gundah

    ;);)

  7. Wew keren , Pagi pagi ayam berkokok

    Ayam berkokok diatas papan

    Anak kecil jangan merokok

    Pikirkanlah masa depan , :D

  8. burung belibis di tepi rawa
    jatuh tertembak menimpa ranting
    nenek menangis sambil tertawa
    melihat kakek duduk di genting

    *paramitha :)

  9. wow semua pantun keren saya ada juga

    pak amat jualan tomat
    yang beli orang terhormat
    kalau kamu umat muhammad
    jawab lah salam dengan semangat

    malam-malam main kulintang
    di temani sobat-sobat tersayang
    gimana hati kagak bimbang
    kepala botak minta di kepang

    hahahahahahahaha……………….hehehehehehehehehehehehehehe

  10. bangsat kau bangsat

    orangbodoh pergi kesungai
    mengambil air memakai guci
    orang jahat kamulah pasti
    orang baik diriku pasti

  11. orangbodoh pergi kesungai
    mengambil air memakai guci
    orang jahat kamulah pasti
    orang baik diriku pasti

  12. ada orang memakai anting
    pergi-pergi anting hilang
    rajinlah menabung bi bank
    agar tidak boros uang

  13. Muka ganteng mirip gatot kaca
    Gatot kaca laper makan lontong
    Hey…buat kamu yang lagi baca
    Jempol nya jangan di umpetin dong…

  14. Pergi ke pasar membeli jambu..
    Pulang-pulang membeli peniti..
    Bersungguh-sungguh mencari ilmu..
    Untuk masa depan mu kelak nanti..

  15. Pantun pagi yang sejuk

    Burung tetukur hinggap di dahan..
    Mencari makan mematuk-matuk..
    Bersyukur kita kepada Tuhan..
    Masih menghirup pagi yang sejuk..

  16. Sungguh indah kota Cianjur
    Di mana-mana terbentang sawah
    Seharusnya kita bersyukur
    Masih bertemu pagi yang cerah

  17. Buat apa makan jambu..
    Kalau tidak dibelah dua..
    Buat apa beramalam Minggu..
    Kalau tidak duduk berdua..

  18. Burung pipit kicaunya merdu..
    Hinggap di ranting indah terlihat..
    Ayo bangkit dari tidurmu..
    Sambut pagi dengan semangat

  19. Pohon maggis di tepi rawa..
    Daunnya kering di makan kutu..
    Adik menangis sambil tertawa..
    Ada kambing memakai sepatu..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>