Informasi Penting

Knowledge is Power

Catatan Kaki

Oleh : Bintang Taufik,
Sunday, March 4th, 2012
Catatan Kaki Reviewed by Bintang Taufik on . Tentang Catatan Kaki the

Artikel tentang catatan kaki mencakup pengertian, penulisan dan berbagai contoh bagaimana cara menulis nya. Anda juga dapat berpatisipasi dalam pembuatan contoh catatan kaki ini. Pengertian Catatan Kaki Merupakan daftar keterangan khusus yang ditulis di bagian bawah setiap lembaran atau akhir bab karangan ilmiah. Catatan kaki biasanya digunakan untuk memberikan keterangan dan komentar, menjelaskan sumber kutipan atau […]

Artikel tentang catatan kaki mencakup pengertian, penulisan dan berbagai contoh bagaimana cara menulis nya. Anda juga dapat berpatisipasi dalam pembuatan contoh catatan kaki ini.

Pengertian Catatan Kaki

Merupakan daftar keterangan khusus yang ditulis di bagian bawah setiap lembaran atau akhir bab karangan ilmiah. Catatan kaki biasanya digunakan untuk memberikan keterangan dan komentar, menjelaskan sumber kutipan atau sebagai pedoman penyusunan daftar bacaan/bibliografi. Pengertian ini dikutip Blogbintang.com dari Wikipedia

Cara Penulisan Catatan Kaki

Sedangkan untuk cara menulis dalam muembuat catatan kaki ada aturan-aturan yang harus dipakai supaya benar dalam penggunaannya nantinya. Untuk contoh, blogbintang.com sudah sediakan di akhir artikel ini. Tapi sebelumnya kita lihat dulu tata cara penulisan dalam membuatnya.

  1. Catatan kaki harus dipisahkan oleh sebuah garis yang panjangnya empat belas karakter dari margin kiri dan berjarak empat spasi dari teks.
  2. Catatan kaki diketik berspasi satu.
  3. Diberi nomor.
  4. Nomor catatan kaki diketik dengan jarak enam karakter dari margin kiri.
  5. Jika catatan kakinya lebih dari satu baris maka baris kedua dan selanjutnya dimulai seperti margin teks biasa (tepat pada margin kiri).
  6. Jika catatan kakinya lebih dari satu maka jarak antara satu catatan dengan catatan yang lainnya adalah sama dengan jarak spasi teks.
  7. Jarak baris terakhir catatan kaki tetap 3 cm dari pinggir kertas bagian bawah.
  8. Keterangan yang panjang tidak boleh dilangkaukan ke halaman berikutnya. Lebih baik potong tulisan asli daripada memotong catatan kaki.
  9. Jika keterangan yang sama menjadi berurutan (misalnya keterangan nomor 2 sama dengan nomor 3, cukup tuliskan kata ibid daripada mengulang-ulang keterangan catatan kaki.
  10. Jika ada keterangan yang sama tapi tidak berurutan, berikan keterangan op.cit., lih [x] [x] merupakan nomor keterangan sebelumnya.
  11. Jika keterangan seperti opcit tetapi isinya keterangan tentang artikel, gunakan loc.cit.
  12. Untuk keterangan mengenai referensi artikel atau buku tertentu, penulisannya mirip daftar pustaka, tetapi nama pengarang tidak dibalik.

Diatas adalah berbagai aturan penulisan dalam menulis catatan kaki. Untuk mempermudah pengertian dan kegunaannya mari kita simak contoh yang disediakan dibawah ini

Contoh Catatan Kaki

Dibawah ini adalah berbagai contoh catatan kaki yang dikutip blogbintang.com dari berbagai sumber. Silahkan bandingkan dengan tata aturan penulisan diatas untuk lebih memahami cara pembuatannya

………………………………………………………
1) Taufiq Ismail, Membaca Puisi, Taman Ismail Marzuki, 30-31 Januari 1980.
2) Kompas, 25 Mei 1981.

Dan berikut ini adalah contoh yang lain

…………………………………………………
2 Ratna Wilis Dahar, Teori-Teori Belajar (Jakarta: Depdikbud, 1988), hal. 18.
3 Nurhadi, Membaca Cepat dan Efektif (Bandung: Sinar Baru, 1986), hal. 25
4 Ibid., hal. 15
5 Ratna Wilis Dahar, op.cit., hal. 17

Semoga artikel catatan kaki ini dapat membantu anda yang kesulitan dalam pembuatannya. Bagi yang masih bingung tentang cara penulisan, silahkan ajukan pertanyaan di komentar. Kalau ada waktu kami akan membantu sebisa mungkin…

Komentar Lewat Facebook

3 thoughts on “Catatan Kaki

  1. Bagus, sangat membantu artikelnya, semoga Blogger juga dapat menerapkan catatan kaki pada setiap tulisannya. Amien

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>