Tips

Knowledge is Power

Cara mendidik anak menjadi pintar

Oleh : Bintang Taufik,
Friday, August 7th, 2009
Cara mendidik anak menjadi pintar Reviewed by Bintang Taufik on . Tentang Cara mendidik anak menjadi pintar the

Menjadi anak pintar bukanlah sebuah anugerah yang diberikan oleh Tuhan saja. Melainkan ada beberapa faktor atau cara mendidik yang membuat seorang anak memiliki otak encer dibanding yang lain. Berikut beberapa hal yang disampaikan oleh MSNNews tentang seharusnya pendidikan yang didapat anak. Pendidikan yang saya sebut disini bukanlah formal di sekolah. Melainkan yang harus dilakukan orang […]

gambar anak pintarMenjadi anak pintar bukanlah sebuah anugerah yang diberikan oleh Tuhan saja. Melainkan ada beberapa faktor atau cara mendidik yang membuat seorang anak memiliki otak encer dibanding yang lain. Berikut beberapa hal yang disampaikan oleh MSNNews tentang seharusnya pendidikan yang didapat anak.

Pendidikan yang saya sebut disini bukanlah formal di sekolah. Melainkan yang harus dilakukan orang tua di rumah. Berikut beberapa cara yang membuat anak dapat menjadi lebih pintar dibanding yang lain :

Bermain musik
Cara ini dapat merangsang pertumbuhan otak kanan. Dan dari studi yang dilakukan oleh universitas Toronto, ini dapat meningkatkan IQ dan nilai akademis anak. Bintang pernah membaca sebuah artikel kenapa orang zionis israel menjadi pintar. Salah satunya adalah sejak masih dini mereka sudah dilatih konsentrasinya dengan bermain Piano.

Mengembangkan rasa ingin tahu anak
Pendidikan yang sukses karena anak pintar selalu ingin tahu akan hal baru. Maka daripada itu sejak kecil biasakan anda sebagai orang tua harus selalu menunjukkan rasa ingin tahu kepada anak.

Dengan begitu anda tidak perlu menyuruh anak untuk belajar ini itu. Karena dia sendiri yang akan penasaran. Otomatis dengan semakin banyak yang dia pelajari akan membuatnya menjadi pintar. Cara mendidik yang baguskan?

Budayakan membaca
Dengan kegiatan membaca akan dapat meningkatkan ilmu pengetahuan dan perkembangan kognitif anak. Lalu bagaimana cara untuk melakukannya? Membacakan dongeng untuk anak bisa menjadi salah satu jalan keluar. Cara lain, berikan anak hadiah sebuah buku yang dapat menarik perhatiannya.

Apalagi sekarang sudah zaman internet, mengapa tidak gunakan itu senjata dalam mendidik? Internet sudah terbukti cara ampuh untuk membuat orang sering membaca. Tentu saja karena ini untuk pendidikan anak untuk menjadi pintar, harus tetap ditemani oleh Orang Tua.

Kepercayaan diri
Mendidik anak pintar yang baik adalah membuatnya percaya diri dan selalu optimis bahwa dia bisa melakukan sesuatu. Salah satu cara adalah berpatisipasi dalam kegiatan olahraga maupun sosial dapat membantunya.Dan jangan sekalipun mendidik anak sehingga dia menjadi tidak PD.

Salah satu contoh adalah Ketika seorang ibu mengkritik gambar anaknya karena langitnya berwarna merah bukan biru. Sepertinya hal itu sepele. Tapi itu bukan pendidikan anak yang bagus. Karena anak jadi takut melakukan sesuatu karena salah. Dan manusia yang tidak pernah melakukan sesuatu bagaimana mungkin menjadi pintar.

Beberapa hal lain yang dapat membuat anak menjadi pintar adalah dengan tentu saja memberikan ASI, menyingkirkan makanan cepat saji dan memberikan makanan yang sehat, membiasakan berolahraga. Mudah-mudahan jika anda mendidik dengan pendidikan seperti cara diatas, anak bisa menjadi lebih pintar.

Komentar Lewat Facebook

17 thoughts on “Cara mendidik anak menjadi pintar

  1. ibu, saya mempunyai anak usianya 3,5 bulan, tapi hampir tiap malam selalu begadang dan sangat aktiv, kondisi sehat aja, sekarang sudah bisa tengkureb sendiri dan selalu menggigit bibir bawahnya juga suka ngemut tangannya, meski sehat, tapi anak saya tidak kelihatan gemuk, tapi postur tubuhnya panjang, sedangkan berat badannya sekarang kurang lebih 5 kg, apa itu normal? bagaimana sebaiknya saya mendidik dan memberi mainan, karena sekarang sudah mulai suka bermain apalagi kalau mendengar suara, anak saya langsung mencari, dan bagaimana saya merangsang otak anak saya agar menjadi anak yang cerdas? mohon penjelasan
    terima kasih yah bu…..

  2. Saya bukan orang tua, saya adalah pelajar…
    tapi artikel ini cukup membantu saya memberikan ide dalam meningkatkan konsentrasi belajar… terima kasih…

  3. Bagaimana cara mengatasi anak yang cenderung pemalu dan sedikit tertutup, tapi sebenarnya dia cerdas…?

  4. Anak saya susah konsentrasi disekolah dan untuk belajar menghafal susah bgmn jalan keluar. Thx

  5. 1. Anak saya umur 5,6 tahun susah konsentrasi disekolah
    maupun dirumah tapi dia mengerti apa yang harus di
    suruh, dan Kalau disuruh belajar harus dengan
    kekerasan bgman jalan keluarnya anak saya dapat
    konsentrasi dan belajar tanpa harus memakai
    kekerasaan?….
    2. Dan juga saya agak kesusahan dengan anak saya dengan
    mengurus anak krn susah dipanggil (nakal) harus di
    pake kekerasan, Bagaimana Jalan Keluarnya? Thx

  6. kadang anak yang kurang konsentrasi biasanya sering memikirkan hal2 yang dia senangi dan cenderung melakukan kegiatan yang sifatnya senang2,

  7. mas anak saya usia 14 bulan kalo marah suka memukul diri sendiri..gimana ya mas tengyu

  8. begini maz saya mempuyai anak yang sekitar umur 3’5 tahun.
    diya low ada apa” dya pasti mintak ndan kalow gak di kasih dya menagis dan memberontak” sehig”a qw jadi tkut sebagai bapakya?
    terus yang saya lakukan apa?

  9. saya memang belum menikah bahkan masih belum tau bagaimana rasanya menjadi seorang ibu, tapi dengan artikel itu, saya dapat memperoleh gambaran bagaimana menjadi ibu yang baik dan bersahabat bagi anak di kemudian hari, semoga ini benar2 bermanfaat…
    thanks ya dan doakan saya segera berkeluarga dan bisa menjadi seorang ibu, karena itu adalah impian dan harta yang paling berharga

  10. saya punya anak usia 6 tahun kalau disuruh belajar susah dan daya ingat dalam hapalin huruf dan angka susah,gimana cara mengatasi hal ini mas

  11. saya bukan orangtua, tapi saya pelajar. saya selalu pusing bila melihat pelajaran yg menyangkut dengan angka2, itu knpa ya?

  12. ass. anak saya sekarang usianya 5 bulan anaak saya cukup aktip dalam gerakan kaki dan tangannya dan seringngoceh tapi belum bisa tengkureb sendiri dan leher nya agak lemas dan terkadang dia suka meliahat keatas. mohon penjelasan dn solusinya yah. terimakasih

  13. ass.mohon tips nya mendidik anak usia 3-7 tahun,karena tipe anak2 saya yg satu hiper aktif dan satunya aktif pasif(mendengarkan tapi tidak mau bertatap muka).dan bila dibawa kemana2 selalu keinginannya diwujudkan.tolong solusinya.terimakasih.

  14. Ass… saya punya anak umur 3 tahun laki-laki tapi… hobi begadang hampir tiap malam, kadangan tidur jam 12 malam… bagai mana ya mendidik anak yang suka begadang ini???dan juga dia suka mainan cewek seperti boneka berby gitu, dan juga pakek baju cewek2… gi mana mendidik anak cowok supaya menjauhi mainan cewek ini…??? tolong solusi nya…. makasih….

  15. salam kenal. saya punya anak 8th klau belajar susah sekali, dia klau belajar harus orang tuanya yg membaca baru dia mengingat tp klau disuruh membaca tdk ada yg diingat tolong dong jawabanya biar saya dpt mendidik anak dengan baik terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>