lazada.co.id

Komputer

Knowledge is Power

Cara Download Video di Youtube

Oleh : Bintang Taufik,
Saturday, December 17th, 2011
Cara Download Video di Youtube Reviewed by Bintang Taufik on . Tentang Cara Download Video di Youtube the

Menonton di youtube memang mudah, tapi bagaimana cara download video disana? Sebenarnya banyak sekali downloader di luar sana yang bisa dipakai untuk mengunduh semua video yang ada di youtube. Bahkan ada cara yang tidak perlu untuk mendownload apapun, yang perlu kita perlukan hanyalah mengunjungi sebuah website saja. Mau tahu caranya, simak tipsnya di blogbintang.com ini. […]

Menonton di youtube memang mudah, tapi bagaimana cara download video disana? Sebenarnya banyak sekali downloader di luar sana yang bisa dipakai untuk mengunduh semua video yang ada di youtube. Bahkan ada cara yang tidak perlu untuk mendownload apapun, yang perlu kita perlukan hanyalah mengunjungi sebuah website saja. Mau tahu caranya, simak tipsnya di blogbintang.com ini.

Lalu buat apa kita harus download video tersebut? Jika kita ingin menonton kembali, toh kita tinggal kunjungi saja youtube dan putar kembali video yang bersangkutan. Tentu saja cara seperti ini tidak masalah jika tidak ada koneksi internet yang bagus, bayangkan jika kita ingin menonton sebuah video harus memutarnya di youtube lagi, tentu akan menghabiskan bandwidh kita. Dan belum lagi masalah koneksi yang buruk dari provider internet di indonesia semakian menguatkan alasan kita untuk download saja videonya. Istilahnya download dulu baru tonton!!

Lagipula di youtube banyak sekali video yang bisa kita tonton, mulai dari video clip musik indonesia sampai video yang lucu pun tersedia. Belum lagi saat ini ada kabar baru yang mengatakan youtube akan secara resmi menyiarkan video dari penyedia content ternama seperti CNN, disney dsb. Tentu ini semakin menguatkan kita untuk download video di sana untuk kita tonton tanpa koneksi internet nantinya.

Sayangnya memang youtube tidak menyediakan  tombol downloader untuk mendownload video disana bahkan hanya sekedar cara saja tidak disediakan. Untuk itu kebanyakan pengguna memang menggunakan software pihak ketiga untuk download video yang ada di youtube. Dari cara yang digunakan paling sederhana sampai yang ribet harus setting dahulu.

Cara download yang akan dijabarkan di blogbintang.com ini dipilih yang mudah saja, sudah nggak sabar untuk download video langsung dari youtube tanpa pusing-pusing pakai kepala, langsung saja simak langkah-langkah dibawah ini.

Cara Download Youtube

Berikut ini cara yang digunakan untuk download video di youtube, walaupun saya bilang youtube tapi juga bisa digunakan untuk download di situs sejenis seperti metacafe, dailymotion dan lain sebagainya. Ada dua cara sederhanya yang disampaikan disini, silahkan dipilih saja mana yang pas untuk anda.

1. Tanpa downloader alias pakai website

Cara ini bisa dibilang yang paling praktis, karena sebenarnya tinggal copy paste saja alamat di halaman youtubenya. Setelah itu tinggal klik download. Dan tinggal anda menunggu video nya komplit diunduh.

Ada dua website yang saya rekomendasikan disini yaitu :

  • http://videodownloadx.com
  • http://keepvid.com

 

Catatan : jangan lupa tekan “RUN” jika diminta. Karena biasanya anda yang memakai windows mendapatkan pesan semacam ini.

2. Pakai software Downloader

Cara ini sebenarnya yang saya suka, biasanya saya menggunakan IDM ataupun add-ons di firefox. Dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager) mempunyai fitur untuk mendownload video seperti di situs youtube, kita cukup jalankan software dan ketika membuka browser semacam firefox atau chrome. Sayangnya IDM tidaklah gratis, dan berbayar, oleh karena itu tidak saya rekomendasikan. Tapi jika anda tertarik silahkan download IDM untuk mencoba semua fiturnya.

Downloader yang kedua adalah add-ons yang terigentrasi dengan browser seperti firefox. Disini saya menggunakan “Flash Video Downloader Youtube Facebook Downloader” dengan menggunakan firefox sebagai browser. Bagaianna Cara mengaktifkannya di firefox? Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  • Pertama klik tombol “firefox” di sebelah kiri atas
  • Kemudian pilih “add-ons”
  • Anda akan dibawa ke halaman “Add-ons Manager”
  • Pilih tab “Get  Add-ons”
  • kemudian ketik “Flash Video Downloader Youtube Facebook Downloader” di fasilitas pencarian (anda bisa temukan di bagian kanan atas). Lalu klik!!
  • Anda akan diberikan daftar dari downloader Add-ons. Pilih sala satu, kalau bingung silahkan pilih yang urutan pertama Klik install
  • Restart firefox dan anda selesai!

Preview dari Tombol Flash “Video Downloader Youtube Facebook Downloader”

Jika berhasil anda akan melihat seperti tombol diatas. Saat anda berkunjung ke situs seperti youtube atau dailymotion. Tinggal klik tombol tersebut dan video pun terdownload ke komputer anda. Cara yang mudah bukan!?

Cara Nonton Video Youtube hasil download

Biasanya hasil download dari youtube adalah video dengan ektensi .flv. Karena biasanya mereka menggunakan flah player video format untuk ditanam di website. Saat ini untuk memutar video jenis ini sudah banyak sekali software yang memakai codec untuk membaca formatnya. Jadi tidak perlu khawatir, jika anda bingung anda bisa menggunakan software seperti flv player, Media Player Classic ataupun VLC Media Player.

Nggak lucu bukan setelah susah download video anjing di youtube. Setelah hasil unduh komplit, dan udah nyiapkan kopi dan cemilan sebagai sahabat saat menonton. Tapi ternyata tidak ada satupun software yang terinstall di dalam komputer yang mampu menjalankan video tersebut. Wah jangan sampai deh kejadian yang amat memalukan dunia ini terulang untuk kesekian kalinya oleh anda.

Catatan : Saat ini banyak downloader (termasuk yang saya sebutkan diatas) memiliki fasilitas “Convert”, sehingga walaupun anda tidak punya pemutar flv anda bisa meng-convert-nya ke format lain yang di dukung oleh software di komputer anda.

Komentar Lewat Facebook

6 thoughts on “Cara Download Video di Youtube

  1. pas kita download pke IDM videonya di youtube , kok videonya cmn kelihatan setengah , kyk rusak gitu , knpa tuh om…?

  2. Usually I don’t learn article on blogs, but I wish to say that this write-up very compelled me to try and do so! Your writing taste has been surprised me. Thank you, very nice post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>