kesehatan

Knowledge is Power

6 Gaya Hidup Sehat Orang Jepang

Oleh : Bintang Taufik,
Monday, October 29th, 2012
6 Gaya Hidup Sehat Orang Jepang Reviewed by Bintang Taufik on . Tentang 6 Gaya Hidup Sehat Orang Jepang the

Gaya hidup sehat yang dilakukan oleh orang jepang baik itu pria maupun wanita memang patut di contoh yang bahkan mungkin sudah diterapkan saat anak sekolah . Mereka mampu membuat “lompatan besar”  dalam pengobatan penyakit jantung dan kanker.Namun hebatnya, semua hal itu bukan hanya sekedar karena tekhnolog maju mereka. Baca juga bagaimana juga 8 cara langsing […]

Gaya hidup sehat yang dilakukan oleh orang jepang baik itu pria maupun wanita memang patut di contoh yang bahkan mungkin sudah diterapkan saat anak sekolah . Mereka mampu membuat “lompatan besar”  dalam pengobatan penyakit jantung dan kanker.Namun hebatnya, semua hal itu bukan hanya sekedar karena tekhnolog maju mereka.

Baca juga bagaimana juga 8 cara langsing dari negeri matahari terbit….yang pastinya cocok untuk wanita yang ingin memiliki tubuh langsing.

Gaya hidup mereka yang baik menjadikan orang Jepang menjadi panjang umur dan memiliki badan lebih sehat. Seperti yang dikutip blogbintang dari Self maupun detik, berikut adalah beberapa kebiasaan sehat mereka yang patut kita tiru sebagai bangsa Indonesia.

1. Makan Rumput Laut

Di Negeri Sakura, rumput laut merupakan salah satu bahan makanan paling utama dari anak sampai orang dewasa. Seperti kita tahu secara haraviah, rumput laut memiliki kandungan multivitamin yang berisi potasium, yodium vitamin C, serat , kalsium, magnesium, besi dan bea karoten.

2. Makan Ikan
Mungkin sebagian besar pembaca blogbintang sudah tahu, Bahwa gaya hidup orang-orang dari negara asal komik terkenal ‘One Piece dan Naruto’ ini adalah mengkonsumsi ikan tuna, makarel dan salmon. Ketiga ikan ini dipercaya mengandung asam lemak omega-3,dimana zat ini memiliki banyak manfaat seperti mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker payudara. Jadi bagi wanita yang tidak ingin terkena kanker payudara bisa mencobanya.

3. Minum Teh Hijau atau Ocha
Menurut sebuah penelitian, orang yang setia hari minum enam cangkir teh, mempunyai risiko 36 persen lebih rendah terkena penyakit jantung daripada yang tidak sama sekali. Selaina itu kandungan ntioksidannya juga dapat mengurangi risiko osteoporosis serta  kanker.

Dalam beberapa penelitian juga menemukan bahwa senyawa kimia antioksidan catechin dan EGCG yang ditemukan dalam teh hijau, dapat mempercepat metabolisme tubuh manusia. Seperti pembaca blogbintang tahu,Metabolisme merupakan proses mengubah nutrisi makanan dan kalori menjadi energi yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas. Dan jika metabolisme dalam tubuh manusia meningkat, maka akan lebih mudah untuknya dalam menurunkan berat badan. Teh hijau juga dapat mengurangi hingga 70 kalori sehari.

Jika ingin mengikuti gaya hidup semacam ini, baik itu pria dan wanita lebih baik, dalam menyeduh teh hijau sebaiknya dengan air bersuhu 85 derajat Celsius, selama dua sampai tiga menit. Silahkan juga baca manfaat lain dari teh hijau yang lainnya

4. Makan Secara Perlahan
Di Jepang, setiap orang mulai dari anak dilatik unuk menikmati makanan dalam setiap gigitannya. Pasti ada pertanyaan mengapa makan secara perlahan baik untuk kesehatan? Ini karena otak membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menyatakan sudah manusia merasa sudah kenyang. Nabi Muhammad SAW juga menerapkan hal yang serupa bukan?

5. Hindari Makan di Piring Besar
Jika kita lihat gaya Orang Jepang dalam menyajikan makanan, mereka terbiasa makan dengan piring dan mangkuk kecil. Penggunaan sumpit juga membuat orang Jepang makan lebih dikit dan perlahan. Kebiasaan untuk memilih tempat makan yang kecil dipercaya bisa membantu mengontrol porsi makan seseorang.

6. Temukan Zen
Di dalam olahraga orang Jepang biasanya menggabungkan dua faktor, yaitu fisik dan mental. Kegiatan seperti yoga dan meditasi terbukti dapat mengurangi stres dan menangkal dimensia (pikun) serta melatih konsentrasi seseorang.

Setelah anda melihat beberapa gaya hidup orang-orang yang hidup di negeri sakura, apakah anda ingin mencobanya. Tentu saja jika ingin menerapkan apa yang dilakukan pria dan wanita jepang, adalah wajin melakukan secara berkelanjutan. Tentunya tidak ada artinya jika itu dilakukan hanya satu hari saja.

Komentar Lewat Facebook

One thought on “6 Gaya Hidup Sehat Orang Jepang

  1. Alhamdulillaah,Sebuah ide yang brillian. Mengapa? Karena megrneti akan kebutuhan para pengguna. Semula saya berfikir bahwa software dictinary semacam ini sudah ada dan banyak jumlahnya. Ternyata dictionary bahasa Jepang-Indonesia atau sebaliknya sendiri malah belum ada.Saya sangat senang bisa bergabung dengan tim ini. Walaupun ada kekhawatiran saya kurang amanah. Osore ga arimasu ga, ganbaritai to omoimasu. Minna mo ganbarimashou. Kitto yakunitachimasu yo. Taufan-San, ingatkan saya bila lupa akan deadline kerja kita. Namakemono desu kara. ^_^Semoga amal ini menjadi tabungan yang baik untuk kita semua. Aamiin.Sekian, wassalaam.Sugeru desu. ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>